Panduanku Sehat

seputar dunia kesehatan,tips dan trik tentang kesehatan,informasi dunia kesehatan,dll.

Loading...

Resep Lontong Isi

 

Resep lontong Isi

Bahan :


  • 500 kg beras putih.
  • 750 cc air.
  • 1 sdt garam.
  • daun pisang, potong bentuk persegi empat


Untuk isi :


  • 2 bh bawang merah, iris halus.
  • 2 siung bawang putih, iris halus.
  • 2 btg daun bawang, iris halus.
  • 500 gr daging sapi giling.
  • 1 sdt gula pasir.
  • kecap manis, garam, dan merica bubuk secukupnya.
  • 3 sdm minyak goreng, untuk menumis


Cara Membuat :


Buat isi : tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging giling, daun bawang, kecap manis, gula pasir, garam, dan merica bubuk, masak hingga matang dan mengering. Angkat.

Buat nasi aron: cuci beras hingga bersih, lalu rendam 1 jam dengan 750 cc air. beri garam, masak hingga airnya habis, angkat.

Ambil selembar daun pisang, tempatkan 2 sdm nasi aron, ratakan sepanjang sisinya. Isi dengan adonan isi secukupnya, tutup lagi dengan nasi aron, lalu gulung. Sematkan ujung-ujungnya dengan lidi, lakukan hal yang sama hingga selesai.

Rebus Lontong selama kurang lebih 2 jam hingga matang, angkat dari air. Letakkan agak miring di tampah agar air menetes. Biarkan Dingin.

Selamat mencoba...

Resep Lemper Ayam

 

Resep Lemper Ayam

Bahan :

  • 1/2 kg ketan
  • 1/2 ekor ayam, suwir-suwir.
  • 300 cc santan kental.
  • 350 cc santan.
  • daun pisang muda


bumbu :


  • 4 siung bawang putih.
  • 4 bh bawang merah.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 1/2 sdt jintan.
  • 1 cm terasi.
  • 2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 3 btr kemiri.
  • 3 lbr daun jeruk purut


Cara Membuat :


Cuci ketan, rendam selama 1 jam, kukus sampai 1/2 matang. Aroni dengan 350 cc santan dan 1 sdt garam, kukus hingga matang.

Tuang ke tampah yang telah dilapisi daun pisang, ratakan dan haluskan dengan selembar daun pisang. Kipasi hingga dingin betul, potong-potong persegi panjang.

Ambil selembar daun pisang, letakkan sepotong ketan, isi dengan 1 sdm adonan isi. Gulung supaya tertutup, buat bentuk bulat panjang. Bungkus dengan daun pisang, sematkan dengan lidi.

Lemper ini dapat langsung dimakan atau di panggang sebentar.

Buat isi : haluskan bumbu, kecuali daun jeruk purut. Tuang santan kental, masukkan daging ayamnya dan daun jeruk purut. Didihkan sambil diaduk hingga santannya habis, angkat dan dinginkan

Untuk kurang lebih 12 buah lemper.

Resep Masakan Pastel Kering Isi Sambal

 

Resep Masakan Pastel Kering Isi Sambal

Bahan : 

150 gr ebi (udang kering), tumbuk halus 3 siung bawang putih 2 bh cabai merah 3 btr kemiri 1 btg serai 1 sdt gula pasir 1 sdt garam 3 sdm minyak goreng


Untuk pastel : 

300 gr tepung terigu 2 btr telur 1 sdm mentega 1 sdt garam 80 cc air Cara membuat :


Buat isi : 

haluskan bumbu, tumis bumbu hingga harum. Masukkan ebi halus, aduk-aduk terus hingga kering, angkat. Sisihkan


Buat pastel :

Campurkan semua bahan jadi satu, beri air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang bisa di bentuk dan tidak lengket di tangan.

Giling tipis adonan di talenan yang sudah di taburi tepung terigu, lalu cetak bulat-bulat dengan mulut gelas.

Isi tiap bulatan dengan sedikit sambal ebi. Tekuk menjadi dua sehingga menjadi bulan sabit. Jepit pinggirannya dengan jari dengan gerakan agak memutar supaya sambungannya rapat dan berbentuk biku-biku.

Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

Resep ini di buat untuk kurang lebih 1 stoples sedang.

Resep Udang Gimbal

 

Resep Udang Gimbal


Bahan :


  • 100 gr tepung terigu.
  • 1 butir telur ayam.
  • 3 siung bawang putih, haluskan.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 1 sdt ketumbar.
  • 20 cc santan air.
  • 250 gr udang kupas.
  • 1 sdm irisan kucai.
  • minyak goreng secukupnya


Cara Membuat :


  • Campur tepung terigu dengan bumbu, telur ayam, dan santan, aduk rata.
  • Campur adonan tepung dengan udang dan kucai, goreng sesendok demi sesendok sampai "cantik", angkat.
  • Pastikan udang harus embuk dan tebal, selamat mencoba.

Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri

 

 

Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri


Bahan siomay :


  • 300 g daging ikan tenggiri, cincang halus.
  • 50 g tepung kanji (atau secukupnya sampai adonan dirasa udah pekat nempel).
  • 100 ml air kaldu (saya pakainya kaldu dari tulang ikan tenggiri).
  • 1 sdm minyak wijen.
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas.
  • 1 batang daun bawang.
  • merica, garam, gula secukupnya


Bahan saus kacang :


  • 300 g kacang tanah sangrai.
  • 4 bh bawang putih.
  • cabai merah secukupnya (kira-kira cabe merah besar 5 buah dibuang bijinya, cabe merah keriting 4 buah. Atau sesukanya deh selera pedasnya.).
  • 2 sdm gula pasir.
  • 2 sdm garam.
  • air matang secukupnya


Bahan pelengkap :


  • Kol, dibuang ya tulangnya yang tebel dan keras.
  • Tahu putih.
  • Pare.
  • Kentang.
  • Telor ayam rebus.
  • Jeruk limau.
  • Kecap.
  • Saus sambal


Cara membuat :


1. Pare dibuang bijinya. Potong-potong silinder kira-kira tinggi 6 cm yang bolong atas bawahnya. Kentang dipotong juga dikira-kira deh.


Potong tahu jadi segitiga kira-kira masing-masing sisi 6 cm, lalu kerok salah satu sisinya. Kerukan tahunya ini diancurin, lalu campur jadi satu dengan bahan siomay. Nah, pokoknya bahan siomay dirasa-rasa udah cukup pekat nempel atau belum.


2. Nah, adonan siomay ini terus dimasukkin ke bagian tahu yang dikeruk, masukkin juga ke dalam pare, nah sisanya dibulet-buletin pake sendok terus direbus di air mendidih sampai matang. Tandanya udah matang, buletan ini akan mengapung di air.


3. Kukus kol, kentang, pare, tahu sampai matang. Jangan lupa jaring-jaring dandangnya dialasi plastik tahan panas supaya yang dikukus tidak nempel di jaring-jaring dandang.


4 Nah, sekarang bikin saus kacangnya yuk. Kacang diulek sampai halus, sisihkan. Goreng cabai dan bawang putih sampai layu lalu haluskan bersama gula dan garam. Campur dengan kacang halus. Tambahkan air secukupnya, pokoknya sampai kental atau encer sesuai selera.


5. Hidangkan deh siomay, kol, tahu, kentang, pare, dan telor. Tambahin kecap sama perasan jeruk limau. Dan saus sambal kalo kurang pedas (maklumlah orang indonesia, keringat juga rasanya pedas, hehe). Huiiihhh...........dijamin rasanya bener-bener rasa ikan tenggiri. Gak kayak yang di abang-abang. Entah rasa tepung atau daging. Sukur-sukur daging ikan tenggiri, rasa-rasanya sih daging tikus atau cicak atau malah kucing. Huweekkkk....sumpah bo

Back To Top