Panduanku Sehat

seputar dunia kesehatan,tips dan trik tentang kesehatan,informasi dunia kesehatan,dll.

Loading...

Penyakit Susah Tidur, Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia

 

Penyakit Susah Tidur, Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia

Penyakit susah tidur ini biasa disebut insomnia. Penyebab penyakit ini meliputi stres, kegelisahan, rasa khawatir, depresi, kondisi medis, hingga perubahan lingkungan kerja. Biasanya, insomnia berhubungan dengan usia. Semakin bertambah usia Anda, maka kesulitan tidur akan lebih bertambah. Namun, jangan khawatir penyakit ini dapat diobati. Anda hanya perlu tahu gejala dan cara mengatasinya yang akan dibahas dalam artikel ini;


Penyakit susah tidur, gejala dan cara mengatasinya

Gejala insomnia

Gejala insomnia sebenarnya sangat banyak, di antaranya;


  • Kesulitan tidur saat malam hari
  • Terbangun di tengah tidur di malam hari
  • Bangun terlalu cepat
  • Merasa tidak nyaman saat bangun
  • Tidur yang tidak berkualitas
  • Mudah marah, depresi, dan cemas
  • Tidak mudah fokus
  • Kehilangan konsentrasi
  • Mudah lupa dan tidak mudah mengingat.
  • Sakit kepala.
  • Tegang disekitar tengkuk.
  • Rasa tidak nyaman atau distress pada area lambung dan perut atau daerah sekitar saluran pencernaan.
  • Khawatir saat sedang berbaring untuk tidur


Seorang penderita penyakit susah tidur mungkin sekali untuk tidur hanya dalam waktu 30 menit atau tidur hanya selama 6 jam selama 3 malam lamanya. Hal ini bisa terjadi dalam satu minggu, satu bulan, atau bahkan lebih.



Cara mengatasi insomnia

Bahaya penyakit ini berkenaan langsung dengan bahaya kurang tidur. Yakni kekurangan konsentrasi yang dapat menyebabkan kelelahan hingga kecelakaan di jalan. Bahkan, jantung dan organ dalam lainnya dapat secara langsung terkena imbas dari penyakit ini. Berikut cara mengatasi penyakit insomnia;


1. hindari alkohol


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan konsumsi alkohol (jika saat ini Anda mengonsumsinya). Hal ini karena alkohol mengandung zat yang bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi kurang baik. Alkohol memang membuat Anda mengantuk, tapi dia bukan solusi yang tepat untuk insomnia.


2. santai


Meski memang sulit untuk tidur, Anda tidak perlu terobsesi untuk tidur. Anda perlu terus santai dan tidak perlu memaksakan diri untuk tidur di malam hari. Tetap santai dan kontrol emosi Anda.


3. kafein, no!


Hindari kopi dan minuman yang mengandung kafein. Agar Anda tidak terjaga di malam hari. Bukan hanya teh dan kopi tetapi juga minuman energi dan minuman bersoda.


4. hindari stres


Rasa cemas, khawatir dan stres merupakan penyebab utama dari penyakit insomnia. Anda bisa menguranginya dengan cara melakukan yoga, bermeditasi dan selalu berpikir positif. Mulailah dari diri sendiri dan bergabunglah dengan lingkungan yang positif pula.


5. ciptakan kondisi yang nyaman dalam kamar tidur


Untuk menciptakan mood yang baik dan menstimulus otak Anda, Anda perlu menciptakan suasana yang nyaman, rapi, dan bersih di kamar tidur Anda. Agar Anda dapat tidur dengan nyaman. Di sini, pencahayaan juga memeran peran penting untuk psikologi seseorang.


6. asupan gizi dan olahraga


Konsumsi makanan sehat juga bisa menunjang usaha Anda untuk kualitas tidur yang baik. Olahraga juga akan memberikan manfaat baik untuk tubuh dan psikis Anda.


Inti dari cara mengatasi penyakit susah tidur ini adalah harus dimulai dari diri sendiri.

Labels: cara mengatasi insomnia, cara mengatasi insomnia dengan cepat, cara mengatasi susah tidur, insomnia, mengatasi insomnia, mengatasi susah tidur, susah tidur, susah tidur malam

Thanks for reading Penyakit Susah Tidur, Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia. Please share...!

Back To Top