Panduanku Sehat

seputar dunia kesehatan,tips dan trik tentang kesehatan,informasi dunia kesehatan,dll.

Loading...

Penyakit Kaki Gajah, Penyebab Gejala dan Pengobatannya

Penyakit Kaki Gajah, Penyebab Gejala dan Pengobatannya


Penyakit kaki gajah atau yang dikenal dengan nama lain Elephantiasis merupakan kondisi di mana kaki seseorang mengalami pembengkakan hingga menyerupai kaki gajah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi nematoda atau cacing yang hidup dalam getah bening manusia. Penularan penyakit ini dari orang ke orang sangat mungkin terjadi, yakni melalui gigitan nyamuk. Tidak hanya kaki, organ lain yang dapat terpengaruh cacing ini adalah lengan. Obat mungkin bisa menahan laju pertumbuhan cacing, tetapi pada beberapa kasus, kemungkinan obat tidak bisa membunuh cacing dewasa. Pengobatan penyakit ini perlu dilakukan dalam jangka waktu bertahun-tahun. Selain pengobatan yang dapat menekan atau mengontrol elephantiasis ini, penderita juga perlu merawat anggota badan yang terkena penyakit tersebut dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali dengan jelas tentang penyakit elephantiasis ini melalui gejalanya.


Berikut gejala penyakit kaki gajah yang harus Anda ketahui

Pada awal kemunculan kaki gajah, penderita sangat mungkin untuk tidak mengalami sejumlah penanda atau gejala. Maka dari itulah banyak yang tiba-tiba kakinya bengkak dan sudah teridentifikasi menderita penyakit ini. Namun demikian, ada beberapa gejala umum yang bisa dipakai untuk menandai penyakit ini, di antaranya;


Terjadi pembengkakan parah

Pada beberapa daerah, khususnya tangan dan kaki terjadi pembengkakan yang sangat parah. Penyakit ini umumnya menyerang salah satu bagian, bisa satu kaki bisa satu tangan. Akan tetapi bisa juga menyerang kedua organ secara langsung. Selain kaki dan tangan, bagian tubuh lain yang mungkin terinfeksi adalah payudara dan alat kelamin pria.


Pemblokiran saluran getah bening

Penyakit kaki gajah bekerja dengan cara memblokir saluran getah bening manusia. Zat yang berfungsi untuk mengontrol kekebalan tubuh ini menjadi tidak begitu baik ketika seorang penderita sudah terinfeksi.


Jaringan kulit menebal dan fibrosis

Terjadi penebalan pada permukaan kulit, baik bagian luar maupun jaringan yang berada di bawahnya. Penebalan ini terlihat sangat aneh dan sangat tebal. Jadi, selain pembengkakan yang terjadi, Anda bisa meraba bagian yang terinfeksi untuk memastikannya.


Warna kulit yang berotot dan terjadinya ulserasi kulit

Selain jaringan kulit yang menebal, penyakit ini juga bisa ditandai dengan adanya ulserasi kulit serta warna kulit yang terlihat berotot. Hal ini bisa dilihat dari luar dan juga bisa dirasakan dengan mudah.


Kulit terlihat berkerikil

Penderita penyakit elephantiasis ini juga mungkin terlihat memiliki kulit yang berkerikil. Terdapat bentuk membulat di beberapa bagian kakinya. Tanda yang satu ini sangat mudah sekali dikenali.


Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kaki gajah tidak bisa ditularkan melalui seorang ibu kepada anaknya (bukan penyakit menurun). Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit, Anda hanya perlu menghindarinya dengan cara-cara yang sehat. Mungkin pemakaian semprot nyamuk, lotion anti nyamuk, dan yang lain agar tidak tertular. Dan yang paling utama adalah hidup bersih.

Labels: obat kaki gajah, penyakit dalam, penyakit kaki gajah, penyebab kaki bengkak, penyebab kaki bengkak diabetes, penyebab kaki bengkak tanpa sebab, penyebab sakit tenggorkan

Thanks for reading Penyakit Kaki Gajah, Penyebab Gejala dan Pengobatannya. Please share...!

Back To Top