Panduanku Sehat

seputar dunia kesehatan,tips dan trik tentang kesehatan,informasi dunia kesehatan,dll.

Loading...

Lebih Baik Sakit Hati Ketimbang Sakit Gigi

 panduankusehat.com - Lebih Baik Sakit Hati Ketimbang Sakit Gigi. Kondisi gigi berlubang, umum terjadi pada mereka yang berusia anak-anak, remaja bahkan yang sudah dewasa. Pada orang tua, peluang terjadi gigi berlubang lantaran kekuatan pada gigi kian berkurang. Mengetahui penyebab dan langkah-langkah pengobatan penting untuk diketahui.


Lebih Baik Sakit Hati Ketimbang Sakit Gigi


Pada gigi berlubang, penyebab yang utama adalah adanya zat asam yang disebabkan oleh bakteri di dalam plak. Semua jenis makanan yang masih tersisa di plak, dapat dengan mudah diubahnya menjadi asam. Apalagi pada sisa makanan manis. Pada zat asam ini yang akan melarutkan enamel gigi, hingga akhirnya menjadikan gigi berlubang dan rusak.


Pengobatan pada gigi berlubang ada fase dan tingkat keparahannya. Apabila sudah terlanjur berlubang, biasanya tak akan bisa tumbuh lagi. Beda halnya jika berlubangnya dalam tahap awal, biasanya bisa dihentikan dengan jalan membersihkannya secara intensif dan menyertakan flouride. Juga pada gigi susu yang akan berganti baru setelah berlubang dan rusak.


Dalam tingkat keparahan tertentu pada gigi berlubang, anda bisa melakukan usaha dengna menambal gigi berlubang tadi menggunakan zat amalgam (suatu campuran dari beberapa logam), emas ataupun porselen. Akan tetapi bila sudah terlanjur ada pembusukan, opsi mencabut gigi tidak terelakkan dan bisa digantinya dengan memasang gigi tiruan.


Nah, untuk upaya pencegahan dari gigi berlubang, sikatlah gigi anda sebanyak dua kali dalam sehari dengan pasta yang mengandung flouride. Selain area gigi, bagian lidah juga perlu dibersihkan. Ini karena pada lidah pun, bakteri bisa bersarang dengan aman.


Cegah gigi berlubang dari sekarang dengan menyikatnya secara rutin setiap hari.

Labels: gigi, Informasi

Thanks for reading Lebih Baik Sakit Hati Ketimbang Sakit Gigi. Please share...!

Back To Top