Panduanku Sehat

seputar dunia kesehatan,tips dan trik tentang kesehatan,informasi dunia kesehatan,dll.

Loading...

10 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui

 Gejala penyakit ginjal perlu diketahui oleh seseorang agar bisa mengenali apakah orang tersebut mengidap penyakit ini atau tidak sedari awal. Dengan begini, penanganan yang cepat juga bisa dilakukan sejak dini. Pada dasarnya, penyakit ginjal memiliki tanda-tanda yang tidak bisa dipastikan satu atau dua saja. Sebab pada beberapa kasus penyakit ginjal yang telah mengambil nyawa seseorang tidak disertai gejala khusus. Akan tetapi dengan mengetahui tanda-tanda dari penyakit ginjal seperti yang akan kami paparkan ini, paling tidak Anda bisa mengetahui gejala umum yang sering terjadi pada penderitanya. Simak.


10 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui


Berikut 10 gejala penyakit ginjal yang harus Anda tahu

Pertama, perubahan pada urine

Ginjal merupakan salah satu saluran kemih yang penting, produksi urine terjadi di organ yang satu ini. Saat Anda mengalami penyakit ginjal, beberapa hal yang berhubungan dengan urine seperti sering buang air kecil, perubahan warna pada urine, urine yang keruh, buang air kecil dalam jumlah yang banyak dan tidak biasa, atau kencing darah bisa menjadi tanda-tanda awal dari penyakit ginjal.


Kedua, terjadinya pembengkakan

Selain perubahan warna urine, gejala lain diperlihatkan melalui pembengkakan pada tangan, kaki, pergelangan kaki, bahkan wajah Anda.


Ketiga, cepat lelah

Ginjal bertugas memproduksi hormon eritropoietin yang berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam eritrosit. Nah, jika ginjal rusak, maka produksi hormon akan terganggu. Akibatnya, anemia bisa dirasakan sehingga cepat lelah.


Keempat, gatal atau ruam pada kulit

Rasa gatal yang berada pada kulit hingga terasa dari bagian dalam (tulang) bisa jadi dirasakan oleh penderita penyakit ginjal.


Kelima, mual dan muntah

Dalam beberapa kasus, mereka yang mengalami penyakit ginjal disertai dengan gejala mual dan muntah. Hal ini membuat penderita malas untuk makan sehingga berat badannya mudah sekali untuk turun.


Keenam, sesak nafas

Sesak napas ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama, karena anemia yang diderita dapat menyebabkan kehabisan napas sehingga terasa sesak. Kedua, karena banyaknya cairan dalam tubuh yang tertampung dalam paru-paru menyebabkan sesak nafas.


Ketujuh, menggigil dan merasa dingin

Penyakit ginjal juga disertai oleh rasa dingin dan menggigil. Meskipun berada di dalam ruangan hangat, mereka tetap merasa kedinginan hingga menggigil.


Kedelapan, pusing dan susah berkonsentrasi

Penyakit ginjal disertai dengan rasa sakit pada kepala yang sangat. Hal ini karena penyakit ginjal dapat menyebabkan asupan oksigen ke otak berkurang. Selain rasa pusing yang sangat menyengat, Anda bisa saja merasakan kehilangan memori, susah berkonsentrasi, dan tidak mudah mengingat sesuatu.


Kesembilan, kehilangan nafsu makan

Selain rasa makanan yang dapat berubah saat dikonsumsi, bau mulut juga menjadi salah satu sebab kenapa seorang penderita penyakit ginjal bisa kehilangan nafsu makan. Hal ini jugalah yang bisa membuat berat badan penderita mudah turun drastis.


Kesepuluh, nyeri dada

Penyakit ginjal juga mungkin membuat Anda merasakan nyeri dada. Hal ini terjadi jika ada cairan yang menumpuk di sekitar selaput jantung.


Masih ada lagi gejala penyakit ginjal yang juga dialami oleh sebagian besar penderitanya. 10 tanda di atas setidaknya akan menjadi sedikit gambaran pada Anda.

Labels: Informasi, Kecantikan, obat-penyakit, Penyakit, Penyembuhan, pria

Thanks for reading 10 Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui. Please share...!

Back To Top