Takaran Pemberian Susu Formula Bayi Usia 0 - 1 Tahun

 Asi atau air susu ibu tentulah sebuah sumber energi yang tepat bagi setiap bayi. Namun, ada kalanya saat kondisi tubuh sang ibu tidak dapat menghasilkan asi yang baik sehingga sang ibu harus menemukan cara lain untuk sumber energi sang buah hati. Pada saat seperti ini, susu formula adalah pilihan yang tepat. Namun, anda harus tahu bahwa tidak semua susu formula yang ada di pasaran saat ini merupakan susu yang tepat bagi buah hati anda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih sebuah produk susu formula demi kesehatan sang buah hati anda. Pastinya, anda tidak berharap akan adanya sesuatu yang tidak anda inginkan hanya gara gara salah meminum susu formula, bukan? Maka dari itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara pemilihan susu formula yang tepat bagi bayi anda. Salah satu hal yang harus anda perhatikan saat anda berbelanja produk susu formula untuk bayi anda adalah takaran atau dosis yang tepat bagi bayi anda.


https://www.istockphoto.com/foto/ibu-menuangkan-susu-gm1268683962-372460396


Pemberian takaran susu formula yang tepat sangat berpengaruh bagi pertumbuhan bayi anda, terutama bagi para bayi yang usianya masih belum genap satu tahun. Pada usia seperti ini, bayi masih barus aja dikeluarkan dari rahim sang ibu sehingga daya tahan dan daya serap tubuhnya masih belum dalam taraf yang sempurna sehingga semua benda atau sumber energi yang masuk ke dalam tubuh bayi haruslah sangat diperhatikan termasuk banyaknya, atau takaran, susu formula yang dikonsumsi oleh bayi ketika sang ibu masih belum mampu untuk menyusui sang buah hatinya.


Pemberian takaran susu formula untuk bayi usia nol sampai satu tahun dibedakan dari beberapa golongan usia. Yang pertama adalah pemberian susu formula kepada bayi yang usianya masih beberapa hari atau bayi yang baru lahir. Ketika anda tidak dapat menyusui bayi anda yang baru lahir, anda harus sangat mengkontrol kadar atau takaran susu formula yang anda berikan kepadanya karena pada saat baru lahir, tubuh bayi masih belum berkembang sepenuhnya sehingga menjadi sangat rentan apabila ada zat yang tidak cocok dengan tubuh sang bayi. Pemberian takaran susu formula yang sangat se sedikit mungkin dapat menghindari terjadinya keracunan zat yang terdapat pada susu formula oleh sang bayi. Setelah bayi tumbuh di usia satu hingga dua bulan, takaran susu formula dapat ditingkatkan menjadi tiga hingga empat ons per botolnya. Hal ini disebabkan karena pada usia ini, tubuh kembang bayi menjadi sedikit lebih sempurna jika dibandingkan pada saat baru lahir kedunia. Tubuhnya akan sedikit lebih nyaman dengan apa yang anda berikan.


Setelah usia bayi menginjak usia tiga hingga enam bulan, takaran susu formula sudah dapat ditingkatkan lagi. Pada usia sekarang ini, takaran susu formula dapat ditingkatkan menjadi empat hingga 6 ons per botol tiap harinya. Pada saat bayi memasuki usia enam bulan hingga satu tahun, takarannya bisa diperbanyak menjadi enam hingga delapan ons per botolnya. Pada usia ini, bayi sudah mempunyai daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan saat dia baru saja dilahirkan. Ukuran ini hendaknya tidak dijadikan patokan karena setiap bayi yang lahir ke dunia ini merupakan individu yang berbeda. Sebelum anda memberikan susu formula jenis apapun, ada baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter anak sehingga anda dapat informasi yang sangat tepat sesuai dengan kondisi bayi anda.


Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan di saat anda memberikan susu formula pada buah hati anda. Bahan pembuat susu formula merupakan salah satu hal yang anda harus perhatikan. Saat anda membeli sebuah produk susu formula untuk bayi anda, lihat dulu bahan bahannya dan pastikan tidak ada satupun dari bahan tersebut yang dapat membuat alergi bayi anda. Ada beberapa kasus bayi yang alergi dengan lactosa yang disebut dengan penyakit lactose intolerant. Jika buah hati anda didiagnosis penyakit ini, hendaknya pemberian susu yang berbahan dasar lactose atau susu sapi dihentikan karena akan menimbulkan bahaya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Informasi