Cara Mengatasi Mual di Perjalanan

 Cara mengatasi mual saat perjalanan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang pasti cara yang tepat dan cepatlah yang akan banyak diminati oleh semua orang. Rasa mual yang terjadi saat kita berada di perjalanan memang sangat mengganggu, baik perjalanan darat, laut, maupun udara. Terlebih lagi jika kita sampai muntah, tidak hanya kita yang terganggu namun juga orang yang berada di sebelah kita. 



Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasinya akan lebih baik jika kita mengetahui apa saja faktor yang bisa menyebabkan kita mabuk perjalanan, misalnya pengemudi yang kebut-kebutan, jalan yang tidak rata, jalan berliku-liku, mesin kendaraan yang kasar, daya tahan tubuh yang kurang bagus, getaran pada pesawat karena melintasi awan, gelombang laut yang tinggi dan lain-lain. Getaran atau guncangan tersebut membuat tubuh kita menjadi kurang stabil sehingga kita tidak kuat untuk menahannya dan akhirnya rasa mual yang timbul. Jika memang daya tahan tubuh anda kurang bagus dalam menghadapi tantangan di perjalanan ada baiknya jika anda menerapkan tips berikut ini sehingga anda bisa lebih terhindar dari mabuk perjalanan dan perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan.


1. Tidur


Jika dalam perjalanan anda sudah merasa sedikit mual dan pusing ada baiknya jika anda pejamkan mata dan coba untuk tidur sejenak. Ini merupakan salah satu cara mengatasi mual yang efektif. Dengan tidur anda akan lupa dan tubuh dalam keadaan rileks. Agar tidur anda lebih nyaman mungkin anda bisa menyiapkan bantal pribadi yang sesuai dengan model dan jenis anda.


2. Cukup Udara


Mabuk perjalanan juga bisa disebabkan oleh tidak lancarnya sirkulasi udara dalam kendaraan, bisa jadi keadaannya sangat pengap. Maka dari itu cara mengatasi mual dalam perjalanan model ini adalah dengan memastikan sirkulasi udara lancar sehingga oksigen yang dibutuhkan cukup dan segar. Terlebih lagi jika anda tidak tahan dengan AC atau parfum dalam mobil, maka dari itu anda bisa membuka sedikit kaca jendela mobil anda.


3. Jangan Membaca


Pemicu mual dalam perjalanan yang berikutnya bisa disebabkan oleh kegiatan membaca. Apalagi jika jalan yang dilewati tidak mulus maka akan membuat anda lebih cepat mual. Maka dari itu cara mengatasi mual yang tepat dengan kondisi seperti ini adalah dengan menghindari kegiatan membaca meskipun anda termasuk jenis orang yang sangat suka sekali dengan membaca. Namun jika memang anda merasa bosan dengan tidak adanya aktivitas mungkin anda bisa menyibukkan diri dengan mendengarkan music dan menikmati indahnya pemandangan.


4. Pilihan Makanan


Ternyata makanan juga bisa memicu terjadinya mabuk perjalanan. Maka dari itu jika anda termasuk orang yang mudah sekali mabuk perjalanan maka cara mengatasi mual yang tepat dalam situasi ini adalah dengan memilih makanan yang tidak mengandung lemak tinggi, produk susu atau jus yang terlalu masam. Pertolongan yang paling efektif dalam mencegah ini adalah dengan minum teh hangat, jahe dan lainnya.


5. Sarapan


Rasa mual juga bisa terjadi akibat masuk angin. Masuk angin akan terjadi pada kita jika kita tidak membiasakan diri sarapan sebelum melakukan perjalanan. Perut yang kosong akan memicu lambung untuk menghasilkan asam lambung lebih banyak sehingga anda bisa mengalami mual. Maka dari itu cara mengatasi mual dalam situasi seperti ini adalah dengan membiasakan diri untuk sarapan dulu sebelum melakukan perjalanan.


6. Posisi Tubuh


Posisi tubuh ternyata juga menentukan seseorang mabuk perjalanan atau tidak. Tubuh yang kurang bisa rileks dalam perjalanan bisa menyebabkan otot menjadi tegang dan terjadi mual. Maka dari itu sebagai cara mengatasi mual seperti ini adalah dengan membuat tubuh anda berada senyaman mungkin dalam kendaraan sehingga otot menjadi rileks dan tidak tegang. Selain itu perut juga akan menjadi lebih kuat dalam menahan guncangan kendaraan.


7. Posisi Duduk


Faktor penyebab mabuk perjalanan yang berikutnya adalah posisi duduk yang kurang tepat sehingga tubuh menjadi kurang nyaman dan akhirnya mual dan mabuk. Posisi duduk yang tepat misalnya dengan memilih tempat duduk yang berada di kabin tengah dengan begitu anda akan lebih tenang dan nyaman meskipun kapal mengalami guncangan akibat terjangan ombak. Jika anda adalah orang yang mengalami mual saat naik kereta api, mungkin anda bisa memilih tempat duduk yang berada dekat jendela sehingga sirkulasi udara lancar dan kebutuhan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Jangan lupa untuk memilih tempat duduk yang menghadap ke depan. Jika anda adalah orang yang sering mabuk perjalanan saat naik mobil, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan memilih tempat duduk yang bersebelahan dengan sopir sehingga anda bisa melihat pemandangan yang ada di depan anda serta pandangan anda tidak berbalik. Itulah semua penjelasan mengenai cara mengatasi mual.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Informasi