Cara Mencegah Jerawat yang Efektif

 Cara mencegah jerawat pasti sudah sangat dinanti bagi para remaja. Pasti anda bertanya, ”kok Cuma remaja ?” karena jerawat banyak muncul ketika kita usia remaja, saat itu produksi hormon berlebih sehingga mengakibatkan munculnya jerawat jika tidak dirawat dengan serius. Tetapi tips ini juga bisa digunakan untuk mereka yang sudah melewati masa remaja namun masih bermasalah dengan jerawat. Jerawat memang sangat mengganggu terutama pada penampilan. 



Jerawat muncul karena adanya produksi kelenjar minyak berlebih pada wajah sehingga mengakibatkan penyumbatan. Jika penyumbatan ini membesar dan tejadi interaksi dengan bakteri maka jerawat akan muncul. Tapi anda tidak perlu khawatir karena jerawat bisa dicegah kok dengan konsumsi makanan tertentu misalnya.


Berikut ini beberapa tips menarik cara mencegah jerawat


1. Konsumsi makanan yang bisa mencegah jerawat

Banyak makanan yang bisa mencegah jerawat, misalnya sayur-sayuran, tiram, yoghurt, dark chocolate dan konsumsi air putih yang banyak.

2. Jangan memencet jerawat yang sudah ada

Ini cocok sekali anda baca, tentunya anda yang sudah lama mencari cara mencegah jerawat. Jika anda mempunyai jerawat jangan pernah untuk memencetnya karena apa yang anda lakukan itu bisa mengakibatkan rusaknya lapisan yang terdapat dibawah kulit sehingga menyebabkan menyebabkan minyak wajah yang ada pada bagian berjerawat menyebar ke bagian yang tidak berjerawat sehingga memicu tumbuhnya jerawat-jerawat yang lain. Untuk mengatasinya andahanya perlu mengompresnya saja menggunakan air hangat, dengan begitu kuman akan mati dan infeksi mereda sehingga jerawat akan kempes dengan sendirinya.

3. Kurangi pemakaian kosmetik

Kebanyakan orang tidak percaya diri kalau tidak memakai kosmetik, terutama bagi wanita. Memang kosmetik bisa membuat kita lebih menarik dan lebih cantik. Tetapi akan lebih baik jika anda memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda, sebaiknya hindari kosmetik yang berbahan dasar minyak, karena kosmetik ini dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga memicu timbulnnya jerawat. Pilih saja kosmetik yang berbahan dasar air.

4. Gunakan masker secara teratur

Penggunaan masker secara teratur bisa mencegah timbulnya jerawat. Saat ini sudah banyak masker yang dijual dalam bentuk kemasan, harganya juga terjangkau dan cari yang menggunakan bahan dasar alami. Selain itu anda juga bisa menggunakan masker jeruk nipis, tomat, mentimun dll.

5. Minum air putih 8 gelas sehari

Diatas kita sudah menyinggung sedikit tentang konsumsi air yang banyak cara mencegah jerawat. Tubuh kita memerlukan air yang cukup untuk mengeluarkan racun dan zat yang tidak berguna dalam tubuh, seperti urin dan tinja. Jika asupan air kurang maka tubuh akan mengambil air yang ada pada kulit sehingga kelembaban kulit berkurang. Maka dari itu minum minimal 8 gelas air putih sehari agar kelembaban kulit terjaga dan terhinar dari jerawat.

6. Mencuci sarung bantal dan sprei secara teratur

Sarung bantal dan sprei merupakan media yang berhubungan langsung dengan wajah. Ketika kita tidur kotoran yang ada pada rambut akan menempel pada sarung bantal dan sprei. Maka dari itu jika media ini tidak sering dicuci atau dijaga kebersihannya kotoran yang ada akan berpindah ke wajah dan bisa menimbulkan jerawat.

7. Hindarkan wajah dari rambut

Bagi anda yang menyukai model rambut terurai diwajah sebaiknya segera mengganti kebiasaan anda karena ketika kita melakukan aktifitas rambut akan menjadi kotor dan lembab. Jika itu terjadi maka kotoran itu akan berpindah dan melekat ke wajah sehingga bisa menimbulkan jerawat.

8. Rajin membersihkan wajah

Penyebab utama dari jerawat adalah kotoran dan bakteri. Jika kotoran ini dibiarkan menempel pada wajah maka bisa memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu jangan malas untuk membersihkan wajah secara teratur. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. itu semua adalah tips yang aman dan sehat tentang cara mencegah jerawat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Kecantikan,Tips,wanita