Beberapa Tips Untuk Bayi Yang Susah Minum ASI

  Masih saja seputar ibu dan balita. Memang sangat menarik untuk di bahas karena mengurus si kecil adalah suatu kado terindah dari Tuhan, bukan begitu? Menyusui kadang menjadi hal yang sulit untuk sebagian ibu. Kesulitan itu mungkin disebabkan karena kesalahan ibu sendiri yang ibu kurang sadari. Kalau boleh jujur, jika Ibu memulai menyusui dengan telaten dan yakin bahwa ibu bisa, tidak aka nada masalah kok, baik mengenai produksi ASI ataupun bayi anda yang menolak menyusu. Sebenarnya, banyak hal yang mungkin bisa menjadi akibat mengapa bayi tidak mau menyusu.


https://www.istockphoto.com/foto/tangisan-bayi-karena-kelaparan-susu-gm857744118-141486371


Pertama, mungkin karena kondisi bayi yang tidak enak atau sedang tidak enak badan, seperti sariawan, pilek, hidung tersumbat, demam. Di saat sariawan, tentu bayi tidak akan mau menyusu lama karena dia merasakan sakit di mulutnya. Keudian ketika dia pilek atau hidung tersubat. Di saat pilek atau hidung tersumbat, bayi akan kesulitan bernafas ketika menyusu. Tentu kondisi ini membuat bayi menjadi frustasi. Alhasil, bayi menolak menyusu karena menyusu bisa menghambat nafasnya. Selain dari faktor tersebut, timbul juga alasan kenapa bayi tidak mau menyusu. Yaitu faktor ibunya yang kurang telaten. Misalnya saja, ketika pasca melahirkan, ibu memulai bayi untuk menghisap dot dan mengkonsumsi susu formula. Keadaan ini akan megakibatkan bayi kesulitan untuk menguasai teknik menyusu pada payudara karena dot dan putting sangatlah berbeda. Dengan kesulitan tersebut, tentu bayi tidak akan bisa menyusu maksimal, sehingga membuatnya frustasi. Kemudian, ketika ibu yang menyusui hanya pada waktu waktu tertentu. Mungkin disebabkan karena ibu sibuk. Hal tersebut membuat bayi anda merasa bingung dan frustasi karena ketika dia ingin menyusu di saat anda tidak bisa meyusui.


Dari berbagai penyebab bayi tidak mau menyusu ke ibunya tersebut di atas, maka saya akan memberikan tips juga untuk ibu yang mengalami masalah yang sama. Tentu, tips pertama yang harus anda lakukan adalah kenalilah setiap gejala yang terjadi pada bayi anda. Apakah bayi anda sedang sakit ataukah sedang apa. Jika bayi anda sedang mulai tidak enak badan, segeralah bawa ke layanan kesehatan untuk menanggulanginya. Jika bayi sedang pilek, berikan segera sirup pengurang hidung tersumbat. Selain itu, jika sedang pilek, seringlah mengoles minyak telon di dahi bayi anda, itu akan mengurangi sumbat pada hidung bayi anda.


Kemudian, jika anda mengenali gejala lain yaitu idak mau menyusui karena kesalahan anda, jangan menyerah. Terus berikan ASI, maka lambat laun bayi anda akan mau dan tentunya lambat laun juga anda akan merasa lebih baik ketika ASI and sudaha lancer. Pada intinya, tetap telateni memberikan ASI bagaimanapun kondisi anda dan bayi anda. Dengan ketelatenan itu, bayi anda akan terbiasa juga kok utuk menyusu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Tips