Bayi Anda Sering Nangis Waktu Malam Hari? Berikut Tipsnya

Wah, pasti repot ya? Si adik sering nangis malam hari. Mana orang tua, baik ayah maupun ibu, capek pulang dari kerja jadinya istirahat pasti terganggu. Tapi tangis si buah hati memang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Seberapapun berat dan capek orang tua, bila buah hati menangis pasti tidak akan pernah tega untuk tidak menenangkan si kecil. Namun, tetap saja tangis sang buah hati akan terkesan mengganggu. Belum lagi jika orang tua tinggal di perumahan atau kampung yang lumayan padat. Pastilah jadi ribet karena banyak hal. Salah satunya, bisa saja merasa tidak enak dengan tetangga, apalagi kalau hampir tiap malam si kecil sering menangis dengan keras. Terlebih lagi kalau tangis si kecil lumayan lama. Bisa-bisa orang tua sempat terpikir untuk pindah ke bunker saja.


https://www.istockphoto.com/foto/orang-tua-dan-bayi-yang-lelah-menangis-gm829373880-134888715


Yang perlu disadari bagi setiap orang tua adalah tangis si buah hati merupakan hal yang sangat wajar. Yakinlah bahwa para tetangga pasti sangat maklum dengan kondisi orang tua yang punya bayi kecil. Bahkan, salah satu atau lebih di antara mereka mungkin pernah merasakan pengalaman yang sama bahkan lebih parah. Untuk itu, beberapa tips berikut bisa dijadikan pegangan, setidaknya acuan, bagi para orang tua yang bayinya sering menangis di malam hari.

Hal yang patut diketahui setiap orang tua adalah hampir setiap bayi mengalami kolik. Jika orang tua melihat bayinya menangis seperti kesakitan sampai mengangkat kedua kaki hampir mencapai perut, biasanya kondisi ini merupakaan tanda bayi dalam keadaan kolik. Sayangnya, penelitian medis yang terkini sekalipun belum bisa memastikan apakah kondisi ini memang benar disebabkan sang bayi mengalami trauma, khususnya rasa sakit yang amat sangat. Yang bisa dilakukan orang tua adalah bersikap tenang. Kegugupan, kecemasan, bahkan rasa takut orang tua sering membuat perilaku kacau dan terburu-buru. Akibatnya, bayi bukan malah merasa tenang dan nyaman, namun jadi ikutan gelisah bahkan takut. Oleh sebab itu, jika ada orang tua yang melihat si buah hati dalam kondisi kolik, angkat perlahan sang buah hati dan usap perutnya secara perlahan-lahan agar dia merasa nyaman dan tenang. Kalau kondisi kolik terjadi pada sekitar sore, orang tua bisa sekalian memandikan bayi sambil memijat perut secara lembut.

Pada intinya, kondisi kolik adalah hal yang sangat wajar dialami si buah hati meskipun dunia medis belum bisa memastikan sebab kondisi ini. Kembali perlu ditekankan adalah ketenangan orang tua dalam mendampingi sang buah hati selama ia menangis. Jika perlu, orang tua dapat duduk sambil tetap menggendong buah hatinya, terutama jika tangis bayi berlangsung cukup lama hingga terasa melelahkan bagi yang menggendong. Bersikaplah wajar dan cobalah berkonsentrasi pada si kecil. Perhatikan kalau-kalau dia merasa tidak nyaman dengan popoknya atau mungkin merasa lapar. Atau jika belum terlalu malam, orang tua bisa saja berinisiatif mengajak bayi jalan-jalan. Hanya saja hal ini tidak perlu terlalu sering dilakukan karena bisa membuat bayi ‘keenakan’ dan pastinya bakal lebih merepotkan orang tua jika setip bayinya menangis maka ‘obatnya’ adalah jalan-jalan.

Demikian sekedar sampaian saran kepada para orang tua yang anaknya sering menangis di malam hari. Sekali lagi, ketenangan dan kewajaran orang tua dalam bersikap tatkala menenangkan sang buah hati menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Orang tua yang gelisah hanya sering kali hanya menambah kegelisahan sang anak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Informasi,Tips