Bahaya Minum Kopi bagi Tubuh

 Bahaya minum kopi akan terjadi jika kita mengonsumsinya terlalu banyak. Manfaat kopi ternyata cukup banyak, tetapi tahukah kamu, apapun itu pasti ada sisi baik dan buruknya. Mungkin bagi anda pecandu kopi, jangan terlalu khawatir akan efek negatifnya asal anda minum sewajarnya yaitu 1-2 cangkir sehari. Bagi mereka kebiasaan minum kopi memang sudah sangat umum, bangun tidur di pagi hari serasa kurang lengkap tanpa hadirnya secangkir kopi. Pokoknya 1 hal yang perlu diingat “jangan berlebihan”.




Berikut ini adalah beberapa uraian tentang bahaya minum kopi.

1. Kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga ini sangat berbahaya bagi penderita maag. Atau mungkin anda bisa makan dulu sebelum minum kopi.

2. Kebanyakan orang lebih suka minum kopi jika masih dalam keadaan panas. Kebiasaan seperti ini ternyata kurang bagus karena dapat menyebabkan kanker esophagus.

3. Kopi mengandung zat yang disebut dengan kafein. Kafein ini bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

4. Lebih jauh tentang bahaya minum kopi, pada wanita yang sedang hamil ternyata kopi memiliki efek yang kurang bagus karena bisa menyebabkan keguguran atau gangguan pada janin saat lahir. Penelitian yang dilakukan oleh Sven Cnattingius, seorang dari Karolinska Institute, Swedia, membuktikan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein 100 mg per hari akan lebih mudah mengalami keguguran, sedangkan pada penelitian di RS Christchurch, Selandia Baru, menyebutkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan pada kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas, kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga akan membuat bayi lemah dan mudah terifeksi sehingga resiko kematian sangat tinggi.

5. Kafein pada kopi juga dapat meningkatkan tekanan darah dengan sangat signifikan. Maka dari itu bagi mereka penderita darah tinggi (hipertensi) sangat dilarang untuk mengonsumsi kopi.

6. Komsumsi kopi berlebih memang kurang bagus. Salah satunya dapat menyebabkan tulang keropos. Hal ini banyak di jumpai pada wanita yang sudah menginjak usia menopause dengan kebiasaan minum kopi berlebih. Tetapi jika kandungan kafein tidak terlalu tinggi ini tidak mempengaruhi proses pengeroposan pada tulang.

7. Dalam journal of neurology, neurosurgery and physichiatry pada tahun 2002, disebutkan bahwa konsumsi kopi berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. 5 gelas kopi sehari dapat meningkatkan produksi kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida yang bisa mengakibatkan menyempitnya lubang pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya endapan lemak yang memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

8. Kopi ternyata juga bisa mengurangi tingkat kesuburan pada wanita apalagi jika dibarengi dengan kebiasaan minum alkohol. Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein. Tulisan ini dikutip oleh Reader’s Digest edisi Desember 1994 dari penelitian yang dibiayai oleh The USA National Institute of Child Health and Human Development dan The US Institute on Drug Abuse.

Setelah kita membaca uraian diatas ternyata efek negative yang ditimbulkan oleh kopi lumayan banyak juga. Mungkin akan timbul dibenak kita, apakah saya harus segera menghentikan kebiasaan minum kopi, mengingat bahaya minum kopi seperti yang diatas? anda tidak perlu buru-buru. Anda masih bisa kok melakukan cara lain agar kafein dalam kopi tidak begitu berbahaya bagi kita. Yang pertama adalah jangan telalu banyak minum kopi, maksimal 3 cangkir 1 hari atau 300 mg kafein perhari. Yang kedua adalah tambahkan susu rendah lemak dalam kopi anda dan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang banyak. Paling tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air yaitu 8 gelas per hari, karena air mampu mengencerkan darah dan berfungsi sebagai detoksifikasi.

Bagaimana, sudah jelas bukan. Jadi apapun itu lakukan semua dengan bijak, sesuatu yang baik akan menjadi buruk jika kita belebihan, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua dan memberikan penjelasan yang mudah dipahami terutama untuk bahaya minum kopi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Informasi