Agar Tidur Tidak Mendengkur

 Suara dengkuran memang sangat mengganggu tidur kita. Terlebih lagi jika dengkurannya itu keras sekali. Terkadang orang yang tidurnya mendengkur tidak menyadari jika tidurnya mendengkur. Kita sebagai orang yang tidur disebelahnya atau yang berada didekatnya merasa terganggu pastinya. Tidur mendengkur disebut juga dengan ngorok, jika ini terus terjadi pada anda pastinya akan membuat orang-orang yang tidur bersama atau yang berada didekat anda merasa tidak nyaman maka dari itu segera cari cara untuk mengatasinya.




Yang perlu anda ketahui pertama kali adalah penyebab utama. Apa yang menyebabkan anda tidur mendengkur, apakah karena kecapean, kegemukan atau yang lainnya. Dengkuran bisa terjadi karena adanya singgungan antara jaringan-jaringan yang berada di balik kreongkongan dengan langit-langit mulut, misalnya lidah dan langit-langit mulut, bergetar dan menghasilkan suara dengkuran. Selain itu efek lain yang ditimbulkan jika terjadi persinggungan adalah kurangnya asupan udara dalam tubuh, yang disebut dengan sleep apnea. Sleep apnea adalah keadaan dimana tubuh kekurangan oksigen sehingga ini juga sangat berbahaya terhadap kesehatan jantung.


Tidur mendengkur biasa dialami oleh orang gemuk dan berleher pendek. Ini bisa terjadi karena adanya penggumpalan lemak yang bisa mengganggu nafasnya. Namun tidak menutup kemungkinan orang kurus pun juga bisa mengalami hal yang sama yaitu tidur mendengkur, hal ini terjadi jika anda mengalami gangguan seperti sinusitis, amandel atau kelainan bawaan. Jika anda tidurnya mendengkur biasanya anda akan sering terbangun di malam hari. Jika keadaan ini terus berlangsung pastinya tidur anda akan menjadi kurang nyaman dan berkualitas sehingga bisa menimbulkan malas, lelah, mengantuk sepanjang siang dan kadang juga mempengaruhi libido. Jangan biarkan ini berlarut-larut karena ini tidak baik untuk kesehatan anda.


Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan agar tidur kita tidak mendengkur.

1. Perhatikan Makanan


Mungkin anda tidak menyadari jika makanan yang kita konsumsi bisa menjadi penyebab tidur mendengkur. Jangan dibiasakan makan sebelum beranjak tidur, memang kadang kita merasa lapar saat mau tidur, jika ini terjadi, anda bisa makan dulu namun jangan langsung tidur setelahnya, jika setelah makan anda tidur maka dengkuran akan terjadi pada tidur anda. selain itu hindari pula konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat. Hindari juga produk susu karena ini bisa meningkatkan lendir dalam mulut. Lendir ini akan menghalangi udara yang masuk sehingga menjadikan dengkuran.


2. Hidup Sehat


Melakukan pola hidup sehat memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun terkadang ini terasa sangat sulit bagi sebagian besar orang. Mungkin anda bisa mengawalinya dengan banyak minum air putih dan olahraga yang teratur, jangan lupa untuk menghindari rokok dan alcohol karena memang 2 bahan ini tidak bermanfaat bagi kesehatan.


3. Cobalah Bernyanyi


Bernyanyi ternyata juga bisa menghilangkan dengkuran. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk bernyayi, cari lagu yang bernada tinggi lalu nyanyikan, lakukan ini secara teratur dan sesering mungkin karena kebiasaan ini bisa mengendurkan otot-otot pada tenggorokan anda, dengan begitu dengkuran bisa teratasi.


4. Diet Sehat


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, salah satu penyebab dengkuran adalah tubuh yang gemuk atau kelebihan berat badan atau juga obesitas. Kebanyak lemak dalam tubuh inilah sebenarnya yang menyebabkan anda tidur mendengkur, maka dari itu mari lakukan diet sehat, anda bisa melakukannya dengan petunjuk ahlinya.


5. Atur Posisi Letak Bantal


Posisi letak bantal yang salah juga bisa menjadi penyebab dengkuran. Maka dari itu agar tidur anda tidak mendengkur usahakan posisi bantal anda berada lebih tinggi. Karena jika bantal rendah atau mungkin datar, ini bisa menyumbat atau menghalangi udara yang masuk sehingga menjadikan tidur anda mendengkur.


6. Hindari Minum Susu Sebelum Tidur


Seperti yang sudah saya singgung diatas mengonsumsi produk susu sebelum tidur bisa meningkatkan produksi lendir pada mulut. Banyaknya lendir pada mulut akan menghalangi udara yang masuk dan akibatnya adalah munculnya bunyi dengkuran. Susu memang baik untuk megatasi insomnia namun efeknya adalah kemungkinan besar tidur anda akan mendengkur dan ini juga kurang baik untuk kesehatan.


7. Minum Madu


Madu memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat madu adalah mengatasi dengkuran. Maka dari itu sangat dianjurkan sebelum anda tidur, minumlah madu beberapa sendok. Karena sejumlah penelitian menyatakan bahwa madu bisa menghilangkan kebiasaan mendengkur.


8. Tidur dalam Posisi Benar


Posisi tidur yang salah juga bisa menjadi penyebab dengkuran. Maka dari itu segera ubah posisi tidur anda menjadi yang benar dan lebih baik. Untuk menghindari dengkuran sebaiknya anda tidur dalam posisi miring. Jika anda tidur dalam posisi terlentang, posisi lidah ini akan menghalangi jalannya udara yang keluar masuk mulut sehingga menyebabkan dengkuran.


9. Hindari Minum Alkohol


Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa alcohol tidak memberikan manfaat yang berarti pada kesehatan. Salah satu efeknya adalah menyebabkan tidur anda mendengkur. Maka dari itu hindari konsumsi alcohol dan obat penenang lainnya sebelum anda tidur karena ini bisa membuat otot-otot kerongkongan anda santai sejenak dan akibatnya timbullah dengkuran. Namun jika anda sudah merasa melakukan hal-hal seperti diatas namun tidur anda tetap mendengkur sebaiknya anda segera periksa di ahli THT. Ini untuk mengetahui kondisi pada telinga, hidung dan tenggorokan anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Penyembuhan,Tips