Agar Selalu Sehat

 Kesehatan memang sangat penting bagi manusia. Bahkan uang tidak akan berguna jika kita sakit-sakitan, kita tidak akan bisa merasakan nikmatnya makanan yang lezat jika kita sakit, kita tidak akan bisa berkumpul bersama keluarga jika kita sakit maka dari itu kesehatan merupakan nikmat tuhan yang paling berharga yang patut kita syukuri.




 Untuk menjaga kesehatan yang pertama kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat karena makanan merupakan sumber energy bagi kita selain itu juga dengan rajin berolahraga. Itulah kunci pokok dalam menjaga kesehatan. Namun masih ada beberapa hal lain yang juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kita. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Gene Stone terhadap 25 orang yang memiliki daya tahan tubuh sangat bagus, sehingga sangat jarang sekali mereka sakit, tertulis dalam bukunya yang berjudul “THE SECRETS OF PEOPLE WHO NEVER GET SICK” yang berisi tentang hal-hal yang mempengaruhi kesehatan manusia selain makanan dan olahraga.


1. Punya Teman


Setiap manusia pasti memiliki masalah masing-masing. Baik masalah keuangan, asmara, rumah tangga, keluarga, anak, studi dan masih banyak lainnya. Dan terkadang kita sangat sulit sekali bahkan merasa tidak mampu untuk menyelesaikan masalah ini sendiri, maka dari itu kita membutuhkan seorang teman yang bisa kita jadikan sebagai tempat curhat atau sebagai pemberi saran dan penimbang keputusan kita. Jika kita tidak memiliki teman maka masalah itu akan terasa sesak dan sakit jika terus menerus kita pendam sendiri dalam hati. Tersalurkannya perasaan anda bisa lebih membuat nafas lebih lega dan turunnya stress. Mungkin anda tidak merasakan jika ternyata dapat berbagi dengan orang lain mampu membuat kita terhindar dari dari penyakit yang sangat berbahaya seperti jantung, selain itu juga bisa meningkatkan system kekebalan tubuh dan menjauhkan dari infeksi.


2. Mandi Air Dingin


Mungkin sebagian orang lebih menyukai mandi menggunakan air hangat. Karena lebih nyaman dan enak, bahkan ada juga orang yang tidak bisa mandi jika tidak menggunkan air hangat. Namun perlu anda ketahui bahwa mandi menggunakan air dingin memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu mampu meningkatkan antioksidan alami dalam tubuh. Apakah anda sudah tahu, apa manfaat antioksidan dalam tubuh? antioksidan sangat berperan dalam menangkal radikal bebas akibat polusi udara dan mencegah tumbuhnya sel kanker.


3. Berbaring/Tidur Siang


Bagi anda yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk beristirahat disiang hari mungkin anda mengalami beberapa gangguan kesehatan, maka dari itu cobalah untuk meluangkan sedikit waktu agar anda bisa istirahat siang, kira-kira jam 1 hingga 3. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan system kekebalan tubuh kita dan menurunkan level stress yang tinggi. Atau mungkin jika ada waktu cobalah berbaring di sofa, pejamkan mata dan dengarkan music setelah itu rasakan bedanya.


4. Jauhi Stres


Stress memang sangat berpengaruh dalam system kerja tubuh. Jika pikiran anda tertekan atau mungkin terganggu maka system kerja tubuh juga akan terganggu maka dari itu apa yang anda pikirkan adalah kunci dari apa yang terjadi pada tubuh anda. Maka dari itu mari kita hindari stress dan berpikir sehat agar tubuh senantiasa terjaga kesehatannya. Sebenarnya banyak hal yang bisa menjaga tingkat stress dalam diri kita yang utama adalah dengan lebih introspeksi diri mengenai apa sebenarnya tujuan kita hidup, hidup kita tidak lain hanya untuk beribadah, jika kita lebih dekat dengan tuhan maka permasalahan apapun akan terasa ringan sehingga secara tidak langsung tingkat stress kita semakin terjaga. Selain itu untuk menjaga stress kita juga bisa melakukannya dengan olahraga, jalan-jalan, makan coklat dan melakukan hobi.


5. Menjaga Berat Badan Ideal


Berat badan ternyata juga sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Terbukti orang yang memiliki berat badan ideal akan lebih terhidar dari berbagai penyakit. Penjelasan dari ideal adalah berat badan sesuai dengan tinggi kita, ada rumus tertentu dalam menghitung berat badan ideal. Karena orang yang memiliki berat badan lebih seperti obesitas sangat rentan terhadap berbagai penyakit seperti kanker, darah tinggi, diabetes dan lainnya hal ini terjadi karena sangat lemahnya system imunitas dalam tubuh mereka.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Tips