Agar Mata Tetap Sehat

 Agar mata tetap sehat kita wajib untuk menjaga dan merawatnya. Karena mata memiliki fungsi yang sangat penting yaitu dengan mata kita bisa melihat, melihat apapun yang ada di dunia ini sehingga kita bisa merasakan keindahan alam dan meningkatkan pengetahuan kita.


https://www.istockphoto.com/foto/terkesan-dengan-hasil-krim-anti-penuaannya-gm491713880-75900463


Berikut ini adalah beberapa tips menjaga agar mata tetap sehat, yaitu :


1. Jangan Abaikan Sakit Mata


Kita sering menganggap mata merah dan gatal hanya iritasi mata ringan yang tidak perlu mendapat penanganan serius karena biasanya ini akan sembuh dengan sendirinya. Cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan ini adalah dengan mengompres mata dan minum obat antithistamin (obat alergi) atau tetes mata. Selain itu jika mata anda kemasukan debu atau pasir anda bisa mencuci mata dengan cairan kusus pencuci mata atau dengan air yang bersih dan sudah direbus.


2. Selalu Gunakan Kaca Mata Hitam


Kaca mata hitam sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari radiasi UV yang dapat merusak mata seperti halnya sinar UV mampu merusak kulit. Ternyata banyak sekali efek yang ditimbulkan oleh sinar UV misalnya katarak, kornea terbakar, bahkan kanker pada kelopak mata. Maka dari itu sangat dianjurkan agar kita selalu menggunakan kaca mata hitam ketika hendak keluar rumah baik di siang hari maupun saat cuaca mendung. Bahkan kita juga dianjurkan agar menggunakan topi dan kaca mata hitam yang bisa mengeblok sinar UV 99% hingga 100%.


3. Gunakan Kacamata Pelindung


Dari banyak kasus yang telah terjadi mengenai kerusakan mata akibat kecelakaan, ternyata kasus ini banyak terjadi di rumah bukan pada tempat kerja. Biasanya dalam tempat kerja sudah ada standart sendiri mengenai keamanan pekerja namun ketika kita berada di rumah, kita lebih mengabaikan akan perlindungan terhadap mata. Maka dari itu sangat dianjurkan agar kita menggunakan kacamata pelindung ketika kita melakukan pembersihan pada rumah misalnya membersihkan langit-langit rumah, mengecat, mengamplas dan lainnya karena debu dan serpihan bisa menyebabkan kerusakan pada mata, selain itu juga bahan kimia.


4. Berhenti Merokok


Merokok memang tidak memiliki manfaat sama sekali bagi kesehatan kecuali faktor gaya atau membuat penggunanya semakin percaya diri itulah beberapa alasan kenapa orang tetap merokok meskipun tiada manfaat yang bisa diperoleh. Salah satu efek rokok pada kesehatan mata adalah merokok dapat menyebabkan katarak dan menjadikan mata kering. Selain itu rokok juga bisa memicu plak yang dapat menghalangi pembuluh darah dan melemahkan arteri. Jika dibiarkan terus ini bisa memicu penyakit jantung dan merusak retina sehingga bisa saja pecandu rokok kehilangan penglihatannya.


5. Periksakan Mata Berkala


Jika anda merasa kalau mata anda sehat-sehat saja sebaiknya jangan senang dulu karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya tengah terjadi pada mata kita, apalagi jika kita berusia 21-40 tahun, usia ini sangat rentan terhadap penyakit mata. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal itu terjadi, segera periksakan mata secara berkala, dengan begitu kita bisa mengetahui secara pasti kondisi mata kita. Apalagi jika anda termasuk dalam pengguna kacamata atau lensa kontak sangat diajurkan untuk mengunjungi dokter lebih sering, minimal 1 tahun sekali karena beberapa penyakit mata terjadi tanpa kita sadari misalnya glukoma.


6. Buang Make up Mata Lama


Make up mata yang sudah lama, terindikasi telah terkontaminasi oleh bakteri. Bakteri akan mudah berkembang dalam make up yang berbentuk krim atau cair maka dari itu sangat dianjurkan agar kita segera membuang make up mata yang sudah tersimpan selama 3 bulan. Selain itu jika setelah anda menggunakan make up mata terjadi iritasi pada mata anda sebaiknya segera ganti dengan produk lain yang tidak menyebabkan iritasi. Perlu diingat, hindari berbagi make up mata dengan orang lain karena bisa saja anda tertular penyakit mata yang tengah dialami teman anda. jangan lupa untuk membersihkan wajah secara menyeluruh baik sebelum atau sesudah anda menggunakan make up dan jangan menggunakan kosmetik dalam garis mata karena itu bisa memicu iritasi pada mata.


7. Cuci Kontak Lensa Berkala


Untuk menjaga kesehatan mata, yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan semua yang berhubungan langsung dengan mata kita, termasuk kontak lensa yang kita gunakan. Cuci kontak lensa secara berkala selain itu pastikan tangan anda higienis sebelum menyentuh kontak lensa anda. jangan lupa untuk selalu membersihkan dan mengeringkan wadah kontak lensa setelah anda menggunakan kontak lensa selain itu ganti tempat kontak lensa setiap 2-3 bulan sekali. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menggunakan kontak lensa adalah jangan menggunakan kontak lensa saat anda berenang, tidur, atau penggunaan yang terlalu lama tanpa adanya rekomendasi dari ahlinya sehingga kontak lensa tetap higienis dan mata menjadi lebih sehat.


8. Ketahui Sejarah Kesehatan


Penyakit tertentu bisa menyebabkan gangguan pada mata, misalnya hipertensi dan diaetes, kedua penyakit ini bisa menyebabkan terganggunya sirkulasi darah pada mata sehingga mata tidak mendapatkan cukup darah dan oksigen. Selain itu penyakit lain yang bisa mengganggu kesehatan mata adalah gangguan pada sistem imun, gangguan paru, gangguan kelenjar tiroid dan lain-lain yang bisa menyebabkan radang pada mata. Jika mengalami hal itu, segera konsultasikan dengan dokter agar anda segera mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Penyakit,Penyembuhan