6 Makanan Yang Wajib Dikomsumsi Agar Bayi Sehat Dan Cerdas


Apasih Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Bisa Sehat Dan Cerdas?
Hai bunda..
Kembali di blog  panduankuSehat.com
Konsumsi asupan nutrisi pada ibu menyusui merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi berat badan bayi. Dengan makan makanan yang bergizi tentunya akan memberikan kecukupan nutrisi serta gizi yang kaya pada sang bayi. Makanan yang ibu mnyusui konsumsi tentu saja akan terkandung pada air susu yang diberikan kepada bayi.
Lalu apa sajakah makanan yang dapat membuat bayi gemuk sehat dan cerdas? Nah berikut ini merupakan beberapa makanan ibu menyusui agar bayi gemuk sehat dan cerdas

1. Salmon

Jenis ikan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Ikan salmon kaya DHA, serta bermanfaat membantu mengembangkan sistem sarafnya. ASI sendiri sebetulnga sudah mengandung DHA, tetapi kandungan dalam salmon lebih tinggi. Jadi tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi ikan salmon setiap harinya. Namun, jangan terlalu banyak mengkonsumsi salmon atau ikan lain yang mengandung mercury, karena jelas tidak baik untuk kesehatan si bayi.

2. Bayam

Bayam mengandung zat besi dan bermanfaat mencegah anemia pada ibu menyusui. Bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K. Mengonsumsi bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi. Kandungan kalsium yang ada di dalam bayam juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi bayi. Vitamin A akan membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit si Kecil serta membantu pemeliharaan mata dan kulit Mama. Sedangkan vitamin C pada bayam berguna untuk penyerapan zat besi. Vitamin C juga berguna untuk mencegah infeksi, menyehatkan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah.

3. Nasi merah

Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi. Nasi merah juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Komponen beras merah yang dapat menurunkan kolesterol jahat adalah minyak beras merah. Selain karbohidrat dan kalori, beras merah juga kaya akan mangan sebagai antioksidan dan kaya akan selenium yang berfungsi sebagai pencegah kanker usus besar

4. Gandum

Gandum kaya serat, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Serat pada gandum bisa membuat bayi kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaannya. Selain itu, salah satu khasiat gandum lainnya adalah menjadi antioksidan aktif dan kuat yang dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari radikal bebas seperti bakteri dan virus yang nantinya akan berdampak pada kualitas ASI sehingga kesehatnnya lebih terjamin.

5. Brokoli 

Sayuran hijau lainnya selain bayam adalah brokoli, yang dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau kaya manfaat. Sayuran ini cocok dikonsumsi semua orang. Sama seperti bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang dapat mencerdaskan otak dan sumsum tulang belakang yang sehat pada bayi. Selain itu, sayuran yang satu ini juga diyakini bisa memperlancar produksi ASI, terlebih karena telah dilengkapi dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan mangan. Dan yang terpenting, kandungan fitoestrogen yang tak kalah baik dalam sayur brokoli ternyata memiliki efek positif terhadap produksi ASI.

6. Kacang hijau

Ibu menyusui membutuhkan asupan protein tinggi untuk memproduksi ASI lebih banyak. Protein tersebut mampu didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sup daging atau ikan laut. Mama juga mampu mendapatkan nutrisi, di dalam kacang hijau. Makanan ini sangat baik sebagai pelancar ASI. Kandungan mineral yang tinggi di dalam kacang hijau juga bermanfaat meningkatkan kuantitas ASI.

7. Yogurt

Yogurt dikenal bisa membantu memperlancar pencernaan manusia. Tak hanya itu, yogurt juga bermanfaat bagi tulang ibu dan bayi, karena rendah lemak dan tinggi kalsium. Selain itu, kandungan protein dan kalsium yang terdapat pada yogurt juga bermanfaat untuk melancarkan ASI.

Nah, itulah makanan ibu menyusui agar bayi gemuk sehat dan cerdas

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Informasi,Tips