Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat daun binahong ungu untuk kesehatan

Pernahkah anda melihat daun binahong ungu? Bagi anda yang tinggal di kampung mungkin sering melihat tanaman yang satu ini.

Daun binahong termasuk dalam keluarga basellaceae. Tanaman ini mudah kita temui di Asia tenggara dan kawasan tropis di Amerika serikat. 

Manfaat luar biasa daun binahong ungu bagi kesehatan
Manfaat daun binahong ungu

Daun ini sering diremehkan oleh orang, padahal tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. 

Apa saja manfaatnya? Simak terus artikel ini sampai selesai. 

Manfaat daun binahong ungu untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat menarik dari daun binahong ingu yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Ini karena pada tanaman binahong ungu terkandung  saponin. 

Dimana saponin sendiri berfungsi untuk mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya cukup mudah, hanya dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Anda juga bisa menambahkan gula atau madu sehingga rasanya menjadi lebih manis dan nikmat. Resep ini dapat anda konsumsi 2 kali sehari. 

2. Mengobati luka bakar

Kita tahu bahwa luka bakar harus mendapatkan penanganan yang tepat. 

Terbukti pada sebuah penelitian klinis pada tahun 2017 lalu, bahwa salep yang menggunakan 5 persen ekstrak daun binahong dapat mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari proses penyembuhan luka bakar adalah proses pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. 

Ketika ekstrak daun binahong digunakan, terlihat luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik daripada tidak menggunakan daun binahong.

3. Mengobati maag

Manfaat daun binahong ungu

Apakah anda penderita maag? Jika iya, pasti anda bingung, bagaimana cara mengatasi penyakit yang satu ini bukan?

Mulai sekarang Anda tidak perlu kebingungan lagi. Karena masalah anda  dapat diatasi dengan tanaman ini. Benar sekali, daun binahong dapat menjadi sahabat bagi pencernaan anda. 

Dengan mengonsumsi daun binahong, dapat mengendalikan asam lambung yang menyebabkan maag Anda kambuh.

4. Mengobati asam urat

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah dapat mengobati asam urat. Mengonsumsi daun binahong secara rutin. Dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Tahukah anda, apa itu purin? Purin adalah senyawa organik dalam tubuh yang timbul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. 

Jadi, ketika anda makan makanan seperti jeroan, daging merah, kacang kacangan dalam porsi berlebihan, ada baiknya  mengimbangi dengan minum air rebusan daun binahong.

5. Mencegah kanker

Kanker menjadi mimpi buruk banyak orang. Seperti yang kita tahu bahwa, kanker datang ketika terdapat pertumbuhan sel yang tidak normal pada tubuh.

Tetapi jangan kuatir, Anda dapat mencegahnya dengan tumbuhan alami yang satu ini. 

Kandungan antioksidan dalam daun binahong ungu dapat terbukti efektif mencegah kanker. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusannya 3 kali dalam sehari. 

6. Mencegah diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Anda dapat mengendalikannya dengan mengatur pola makan. Selain itu, anda juga dapat mencegahnya dengan bantuan daun binahong.

Daun binahong dapat mengontrol kadar gula tubuh seseorang. Cara pengonsumsiannya sama seperti sebelumnya yaitu dengan meminum air rebusan daun binahong secara teratur.

7. Memulihkan stamina

Manfaat daun binahong ungu

Lelah setelah seharian bekerja? Jangan kuatir, air rebusan daun binahong ini dapat membantu mengembalikan stamina tubuh anda yang kelelahan. 

Anda hanya perlu merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air sampai mendidih dan meminumnya secara berkala.

Dan yang tidak kalah menarik, air rebusan daun ini ternyata juga dapat meningkatkan vitalitas pria, dengan pengonsumsian dalam jumlah yang lebih banyak.

Tapi, Anda harus memastikan tidak ada reaksi negatif dari tubuh sebelum mencobanya.

8. Mengatasi anemia

Ketika tekanan darah seseorang berada di bawah normal, maka dapat menjadi potensi terkena anemia. Sehingga perlu asupan zat besi untuk mengimbanginya.

Nah, daun binahong ungu ini mengandung zat besi yang dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

9. Obat wasir

Bagi penderita wasir anda bisa menggunakan daun binahong untuk mengatasi wasir atau ambien. 

Gunakan 16 helai daun binahong yang direbus hingga matang. Pastikan anda meminum 1 gelas daun binahong rebus. 
Dengan begini, masalah wasir anda bisa teratasi.

10. Obat menstruasi

Beberapa perempuan sering mengalami kram menstruasi. Ini akibat dari banyak faktor, seperti stress dan masalah lainnya.

Sementara, daun binahong dapat menjadi ramuan untuk mencegah kram tersebut. Caranya cukup mudah, ambil 3 daun binahong lalu didihkan dalam air hingga matang. 

Konsumsilah sehari sekali untuk mengatasi masalah tersebut.

Efek samping daun binahong ungu

Daun binahong ungu memang bahan alami dan memiliki segudang manfaat. Namun, tidak semua orang cocok dengan metode pengobatan daun binahong ini.

Perlu anda ketahui, bahwa meminum air rebusan daun binahong secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping pada tubuh anda. 

Efek samping itu, diantaranya:

  • Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  • Dilarang mengonsumsi bersamaan dengan zat stimulan, seperti teh dan kopi
  • Tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui
  • Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi Binahong. 

  • Kandungan efek dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat ada di dalam teh dan kopi pasalnya konsumsi bersamaan tersebut dikawatirkan bisa memicu pusing gelisah, mual, muntah, insomnia dan jantung berdebar. 


Untuk itu, ada baiknya berkonsultasi lebih dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong. 

Anda juga dapat mengonsumsinya dalam jumlah kecil dulu, lalu lihat reaksinya pada tubuh. Jika sudah dirasa efektif dapat mengatasi masalah Anda, maka manfaat daun binahong dapat anda rasakan.

Diatas adalah penjelasan mengenai manfaat daun binahong untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian, terima kasih.



Posting Komentar untuk "Manfaat daun binahong ungu untuk kesehatan"