Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa

Pernahkah anda mengalami kesulitan saat buang air besar? Rasanya sangat tidak nyaman bukan?
Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa
Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa

Mungkin saat itu anda sudah merasakan sakit perut, sudah ada keinginan untuk BAB. Namun, ketika sudah sampai di WC hanya mengeluarkan feses sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Hal ini mungkin terjadi akibat adanya iritasi pada usus besar. Yaitu adanya hemoroid atau ambeien di anus anda

Sehingga ketika anda buang air besar, ada gangguan iritasi pada dinding usus besar atau hemoroid yang muncul di saluran pembuangan Anda. 

Ini berkaitan dengan kurangnya jumlah serat yang anda konsumsi sehari-hari selama ini. Dan juga probiotik yang mungkin tidak pernah anda konsumsi.

Apa itu probiotik? Probiotik adalah sebutan bagi mikroorganisme yang dapat memberikan dampak baik bagi organisme lain.
(wikipedia) 

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa. Untuk itu simak sampai selesai ulasan di bawah.

Cara cepat mengatasi susah bab pada orang dewasa

Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa
Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa susah BAB disebabkan karena kurangnya probiotik dan asupan makanan yang mengandung serat.

Maka dari itu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan meminum minuman pembentuk probiotik dapat menjadi solusi bagi anda yang kesulitan BAB.

Dibawah adalah makanan dan minuman tersebut:

1. Agar-agar

Kue agar-agar ini bermanfaat untuk menyediakan serat dalam jumlah besar. 

Untuk itu, mulailah makan agar-agar dengan teratur jika anda sedang mengalami sembelit.

2. Buah naga

Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa
Cara cepat mengatasi susah BAB pada orang dewasa

Yang kedua adalah buah naga buah naga. Menurut pengalaman saya, buah naga juga sangat baik untuk mengatasi susah buang air besar yang membandel.

3. Susu kefir dan yogurt

Yang ketiga anda dapat meminum susu kefir atau yogurt sebagai sumber probiotik. 

Namun, dalam mengonsumsi makanan makanan di atas ada tahapan-tahapannya. Lalu bagaimana tahapannya? Dibawah adalah penjelasannya.

Tahapan mengkonsumsi makanan serat dan minuman probiotik

1. Makan pagi

Pertama kali yang harus anda lakukan setelah bangun tidur adalah meminum susu yogurt atau susu kefir.

Jika anda tidak punya sakit maag maka minumlah susu yogurt atau susu kefir sebanyak 200 cc . Bila anda punya sakit maag sebaiknya diminum setelah sarapan.

Nah setelah anda minum susu kefir ini jika belum sarapan sebaiknya anda segera sarapan.

Saat sarapan pagi sebaiknya porsi nasi dan lauknya dikurangi. Karena setelah sarapan Anda dianjurkan untuk makan-makanan pencuci mulut. Contohnya kue agar-agar.

Setelah sarapan jarak 2 jam sebaiknya Anda makan buah naga yang berukuran sedang. Buah naga dipotong jadi 2 untuk nanti setelah makan siang. 

2. Makan siang

Nah, ketika makan siang juga seperti makan pagi. Apabila anda tidak terbiasa makan siang, anda bisa makan kue agar2 saja. Setelah 2 jam kemudian, anda bisa makan buah naga sisa tadi pagi.

3. Makan malam

Pada malam hari, makanlah setelah magrib dan sebaiknya Anda makan seperti biasa. Kemudian makanlah agar-agar sebagai pencuci mulut.

Kemudian jarak 2 jam anda makan buah naga lagi sebanyak separuh, seperti yang dilakukan pada pagi dan siang tadi. 

Nah, saat anda mau tidur asebaiknya minum susu yoghurt atau susu kefir terlebih dahulu.

Lakukan hal ini setiap hari, sampai Anda bisa buang air besar. Biasanya setelah 1 - 2 hari  melakukan pola makan seperti ini, Anda sudah mulai bisa mengeluarkan feses.

Namun masih belum normal, biasanya ukurannya masih kecil atau lembek dan kadang disertai darah karena adanya hemoroid.

Kadang-kadang setelah 2-3 hari BAB-nya sudah mulai lancar. Ini disertai bau agak busuk seperti bau luka.

Ini menandakan, bahwasa di dalam saluran pencernaan Anda memang sedang ada luka dan mengalami iritasi. Sehingga ketika feses anda bisa keluar, bau dari luka tersebut juga ikut keluar. 

Hal ini biasanya akan berlangsung sampai satu minggu. Jadi pola makan yang seperti di atas harus Anda lakukan terus selama sampai satu minggu.

Dan pada hari ketiga, BAB Anda biasanya sudah mulai keluar. Saran saya mulailah makan sayur-sayuran. 

Bisa menggunakan sayur bayam, sawi, pakcoy bisa juga menggunakan sayur asparagus. Dan yang tidak kalah penting jangan lupa mengonsumsi brokoli. 

Brokoli ini berfungsi untuk membantu kekurangan serat yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan kita, agar pencernaan menjadi lebih lancar. 

Nah, setelah satu minggu BAB Anda akan semakin lancar. Biasanya BAB benar-benar normal setelah 14 hari .

Tanda-tanda apabila BAB Anda sudah normal yaitu feses mencapai ukuran normal, bentuknya seperti pisang sudah tidak gepeng lagi dan feses tidak seperti mencret lagi. 

Apabila BAB sudah normal, penggunaan buah naga bisa distop. Diganti dengan buah yang lain, buah alpukat, buah  pepaya dan buah berserat lainnya.

Selain itu, susu yogurt dan susu kefir sebaiknya juga dikurangi. Jadi kalau biasanya 200 cc, ini dikurangi dan paling tidak 1 hari minum 1 kali.

Hal itu bertujuan agar flora normal pada usus Anda tidak berkurang sehingga usus Anda tetap sehat. Probiotik ini adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus ada setiap hari. 

Kalau sudah lancar anda tidak perlu makan agar-agar lagi. Tetapi, setiap anda makan harus tetap ada sayur dan buahnya.


Bagaimana, sangat mudah bukan cara diatas? Apabila dengan menerapkan cara diatas sembelit anda tak kunjung sembuh, maka segeralah periksakan ke dokter.

Apabila anda menyukai artikel ini silakan ikuti blog ini, agar anda bisa mengetahui informasi terbaru seputar kesehatan.

Demikianlah artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian, terima kasih.


Source reference: Yt. dr. Cahyo edukes
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Alami,Tips