Manfaat daun beluntas dan cara pengolahannya

Daun beluntas merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Orang-orang mengira, bahwa daun beluntas hanya tanaman semak yang tidak bermanfaat. 

Namun perlu diketahui bahwa daun beluntas memiliki banyak sekali kegunaan bagi kesehatan. Mungkin tanaman daun beluntas ini terdengar asing untuk sebagian orang. 

Maka dari itu, bagi Anda yang belum mengetahui apa itu daun beluntas. Simak ulasan di bawah dengan seksama. 

Pada artikel ini akan dibahas lengkap mengenai manfaat luar biasa daun beluntas dan cara pengolahannya.

Daun beluntas

Manfaat luar biasa daun beluntas dan cara pengolahannya
Manfaat luar biasa daun beluntas dan cara pengolahannya

Daun beluntas merupakan salah satu tanaman yang dapat hidup pada tanah yang kering. 

Tumbuhan ini biasanya digunakan sebagai pagar. Karena daun beluntas dapat tumbuh tinggi mencapai 3 meter, tentunya jika tidak dipangkas. 

Tumbuhan beluntas memiliki ciri batang yang keras dan bercabang, daun berwarna hijau, bertangkai pendek, berbentuk bulat dan bergerigi. 

Dalam tanaman beluntas sendiri terdapat berbagai senyawa kimia, diantaranya fosfor, magnesium, vitamin A, vitamin C, minyak atsiri, alkaloid, asam amino, lemak, kalsium dan senyawa flavonoid.

Manfaat daun beluntas dan cara pengolahannya

1. Membantu menurunkan panas dan demam

Pernahkah anda mengalami demam? Mungkin ketika Anda terkena demam anda akan langsung ke dokter atau membeli obat ke apotek. Tetapi penggunaan obat yang terlalu sering juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Maka dari itu, ketika Anda terkena demam saya sangat menyarankan menggunakan pengobatan alami terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan daun beluntas. Lalu bagaimana caranya? 

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil 10 lembar daun beluntas, cuci hingga bersih. 

Seduh daun beluntas tersebut menggunakan segelas air panas. Diamkan sejenak, lalu pisahkan antara ampas dan airnya. setelah itu, minum air seduhan tersebut. 

Lakukan ini sehari sekali hingga demam mereda. Apabila tidak ada perubahan, barulah Anda konsultasikan pada dokter.

2. membantu menghilangkan bau badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap, tentunya membuat kita kurang percaya diri. Banyak orang yang mencari cara, bagaimana agar bau badan dapat hilang. 

Kebanyakan orang menggunakan deodoran atau sabun anti bakteri untuk mengatasi bau badan. Selain menggunakan dua cara itu, anda dapat menggunakan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun beluntas. 

Benar sekali, daun beluntas yang sering disepelekan oleh orang, ternyata dapat membantu menghilangkan bau badan. 

Caranya sangat simple, ambilah beberapa lembar daun beluntas dan bersihkan. Setelah itu gunakanlah sebagai lalapan. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa menggunakannya sebagai lulur. 

Ambil beberapa daun beluntas, cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga lembut. Lulurkan tumbukan itu pada tubuh anda, terutama pada bagian bagian lipatan. 

Seperti ketiak selangkangan, belakang lutut dan lain-lain. Karena di bagian-bagian tubuh itulah biasanya sumber bau badan berasal. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melulurkannya ke seluruh tubuh. Lakukan ini setiap hari hingga bau badan Anda hilang.

3. membantu menghilangkan bau mulut

Apakah anda pernah berbicara pada seseorang dan mencium bau tidak sedap? Bagaimana jika anda adalah orang itu? Pastinya anda menjadi tidak percaya diri untuk berbicara. 

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang kerap menjadi perbincangan. Kebanyakan orang mengaku sudah menggosok gigi dua kali sehari, tetapi tetap saja mulutnya bau. 

Apabila Anda salah satu orang yang mengalami masalah bau mulut, cobalah menghilangkannya dengan daun beluntas. 

Caranya, ambil beberapa daun beluntas. Rebuslah daun beluntas yang sudah bersih dengan campuran 2 gelas air. Setelah mendidih, tunggu sampai air rebusannya dingin lalu minumlah air rebusan tersebut. 

Anda juga dapat menggunakannya untuk berkumur. Lakukan ini dua kali sehari, maka bau mulut pun dapat teratasi.

4. membantu penyembuhan pegal linu

Tahukah anda, ternyata makanan yang biasanya digunakan sebagai lalapan ini juga dapat membantu menyembuhkan pegal linu. Mungkin sebagian orang kurang tahu mengenai metode penyembuhan ini. 

Daripada kita mengkonsumsi obat-obatan yang nantinya justru akan berdampak buruk apabila dikonsumsi terus-menerus. 

Lebih baik anda mencoba cara alami ini, selain aman dikonsumsi bahan yang digunakan juga mudah ditemukan. 

Dan yang paling penting, cara ini tidak kalah manjur dengan penggunaan obat-obatan. Lalu bagaimanakah caranya? 

Yang perlu Anda persiapkan adalah beberapa lembar daun beluntas. Usahakan cari daun yang terletak pada bagian tangkai atas. 

Setelah anda mendapatkan daunnya, cucilah hingga bersih. kemudian rebus daun tersebut dengan 3 gelas air. Tunggu hingga kira-kira air tersisa 2 gelas. 

Minum air tersebut di pagi dan sore hari. Dengan begitu dapat membantu menghilangkan pegal linu dengan alami.

5. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang kita ketahui, bahwa mata adalah organ tubuh yang kita gunakan untuk melihat. Untuk itu, tentunya kita tidak ingin mata kita terganggu kesehatannya bukan? 

Sehingga membuat kita perlu melakukan usaha-usaha untuk menjaga kesehatan mata kita agar tetap sehat. Untuk menjaganya kita dapat menerapkan cara-cara alami. Salah satunya dengan menggunakan daun beluntas. 

Iya betul, daun beluntas ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Di dalam daun beluntas terdapat kandungan vitamin A, di mana vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. 

Untuk mendapatkan manfaat itu, kita harus mengkonsumsi daun beluntas. Salah satunya dengan menjadikan daun beluntas sebagai lalapan. Dengan begitu, kesehatan mata pun dapat terjaga.

6. Sebagai antimikroba

Siapa sangka, bahwa daun beluntas dapat bersifat antimikroba. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi daun beluntas dapat mengurangi jumlah bakteri E. coli dan K. antiulcer. 

Dengan begitu kesehatan organ pencernaan dan saluran kandung kemih lebih terjaga, karena dapat terhindar dari infeksi bakteri tersebut. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memilih daun beluntas sebagai lalapan favorit anda. 

Tetapi anda juga harus ingat, bersihkan dahulu daun beluntas sampai benar-benar bersih sebelum dikonsumsi.

Jangan sampai karena kurang bersih dalam mencuci dan beluntas, justru menimbulkan munculnya penyakit lain.

7. Untuk memperkuat saraf

Manfaat luar biasa selanjutnya dari daun beluntas adalah untuk memperkuat syaraf. Anda pasti bertanya-tanya bagaimana caranya dengan beluntas dapat membantu memperkuat saraf? 

Anda tidak perlu kebingungan lagi, karena caranya sangat mudah. Rebus beberapa genggam daun beluntas lalu gunakan untuk campuran air mandi. 

Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa gunakan langsung untuk mandi atau juga bisa untuk berendam.

Aroma yang ditimbulkan dari rebusan daun beluntas akan membuat pikiran lebih tenang sehingga fungsi saraf pun akan meningkat. Ini juga sangat cocok dilakukan ketika anda sedang stres atau lelah setelah seharian bekerja.

8. Untuk mengatasi keputihan

Tips yang terakhir ini khusus untuk kaum hawa. Kebanyakan wanita tidak tahu, bahwa keputihan dapat diatasi dengan daun beluntas. 

Untuk itu, apabila anda mengalami keputihan cobalah memanfaatkan daun beluntas untuk mengatasinya. 

Anda hanya perlu menyiapkan 20 lembar daun beluntas yang sudah dicuci bersih. Rebuslah daun itu dengan 2 gelas air hingga mendidih. 
Setelah itu, tunggu sampai dingin lalu minum di waktu pagi dan malam. Lakukan ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.



Bagaimana, cara-cara diatas sangat mudah dilakukan bukan? Di samping kita bisa memanfaatkan tanaman di sekitar rumah. Kita juga bisa mengatasi berbagai penyakit dengan alami dan tentunya gratis. 

Apabila dengan menerapkan tips-tips alami di atas penyakit Anda tak kunjung sembuh, silakan periksakan ke dokter.

Demikianlah penjelasan dari manfaat luar biasa daun beluntas dan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan ikuti blog ini agar anda dapat mengetahui informasi terbaru seputar kesehatan di blog panduankusehat.com 

Sekian, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Alami,Tips