Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Makanan ibu hamil muda agar anak terlahir cerdas

Memiliki anak yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Untuk itu para orang tua rela melakukan berbagai usaha agar memiliki anak yang cerdas. 

Mulai dari pemberian suplemen vitamin pada anak, memberi makanan makanan bergizi sampai rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk menyekolahkan anak di tempat favorit. 

Namun tahukah anda, bahwa usaha agar anak bisa cerdas juga dapat kita lakukan sejak dalam kandungan. Lalu bagaimanakah caranya? 

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan agar anak cerdas. Salah satunya yaitu dengan pemberian makanan yang bergizi untuk anak kita sewaktu masih di kandungan. Tentunya makanan bergizi ini melalui ibunya. 

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil ternyata sangat berpengaruh terhadap kecerdasan bayi saat lahir. Pada artikel ini akan dibahas lengkap 9 makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. 

Bagi anda khususnya seorang ibu, simak ulasan di bawah dengan seksama agar anda dapat mengetahui makanan apa sajakah yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar anaknya nanti terlahir cerdas.

Makanan penunjang kecerdasan calon bayi

10 Makanan ibu hamil muda agar anak terlahir cerdas
9 Makanan ibu hamil muda agar anak terlahir cerdas

1.Telur ayam

Di dalam telur ayam, terkandung protein lemak vitamin dan omega 3 terutama pada bagian kuning telurnya. Sehinggga dengan mengkonsumsi telur ayam dapat membantu dalam perkembangan otak si bayi. 

Namun anda harus tahu, jangan memakan telur setengah matang apalagi telur mentah. Mengapa? karena di dalam telur yang belum matang tersebut masih terdapat bakteri yang justru dapat berpotensi menyebabkan penyakit. 

Untuk itu, Pengolahan telur untuk dikonsumsi harus benar-benar matang khususnya untuk ibu hamil. 

Anda dapat mengolah telur dengan cara digoreng direbus atau mungkin dengan dicampur kan pada sayur.

2.Sayur-sayuran

Selain, makanan yang dapat membantu ibu hamil muda agar anak cerdas adalah sayur-sayuran. Terutama sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. 

Karena di dalam sayuran hijau tersebut terkandung asam folat yang dapat mencegah kerusakan saraf tulang belakang pada bayi. Selain itu, kandungan zat besi yang terdapat pada sayur-sayuran tersebut juga bagus untuk perkembangan sel-sel otak pada bayi saat masih dalam kandungan. 

Jadi jika anda mencukupi kebutuhan zat besi dan asam folat saat hamil akan sangat membantu dalam perkembangan kecerdasan otak si bayi


3.Ikan laut

jika anda menginginkan anak yang anda lahirkan nanti cerdas, Anda dapat berusaha dengan mengkonsumsi ikan laut. Karena didalam ikan laut terkandung omega-3 yang dapat membantu baik untuk perkembangan otak. 

Namun jangan memakan ikan laut yang ukurannya besar-besar titik mengapa? karena ikan-ikan besar tersebut dikhawatirkan akan mengandung merkuri yang justru mengakibatkan efek tidak baik. 

Jadi, akan lebih aman jika anda mengkonsumsi ikan yang ukurannya tidak terlalu besar. Apa saja contoh ikan laut tersebut? Ada banyak jenis ikan laut, misalnya ikan salmon ikan tuna ikan makarel dan lain-lain. 

Anda bisa mengkonsumsi ikan-ikan tersebut paling tidak dua minggu sekali agar dapat mencukupi kebutuhan bayi dalam perkembangan otaknya.

4.Kacang-kacangan

Apakah anda termasuk orang yang suka memakan kacang-kacangan? jenis makanan yang satu ini ternyata dapat membantu bayi dalam perkembangan otaknya sewaktu dalam kandungan. 

Karena di dalam kacang-kacangan terkandung banyak sekali nutrisi, lemak, protein, mineral serta omega 3 terutama pada kacang almond kacang polong serta kacang tanah. 

Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut sebagai camilan. Selain Anda bisa menikmati rasanya, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan gizi pada janin Anda sehingga saat kelahiran bayi nanti bukan hanya Sehat tetapi juga cerdas.

5.Buah berry

Tahukah Anda, selain buah berry yang enak rasanya, ternyata juga dapat membantu bayi dalam perkembangan otak. Karena di dalam buah berry terkandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi radikal bebas. 

Jika di dalam tubuh kita atau di dalam janin terdapat banyak radikal bebas akan menghambat perkembangan sel otak pada janin tersebut. 

Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah berry Anda dapat mengurangi radikal bebas pada tubuh dan janin anda. Sehingga mencegah terhambatnya perkembangan otak pada janin dan akhirnya Anda dapat melahirkan seorang bayi yang cerdas.

6.Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk dari hasil fermentasi. Di dalam yogurt terkandung banyak sekali protein dan juga omega tiga. 

Sehingga dengan meminum ini, dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil untuk perkembangan otak bayi agar cerdas. 
Anda dapat mengkonsumsinya 2 kali seminggu 3 kali seminggu atau bahkan sehari sekali. 

Selain bagus untuk janin, mengkonsumsi yoghurt juga bagus untuk si ibu, karena dapat memperlancar BAB yang sering dialami oleh ibu hamil.

7.Keju

Siapa yang tidak pernah makan keju? Pasti semua orang pernah memakan keju. Namun, belum tentu semua orang mengetahui apa manfaat keju untuk ibu hamil. 

Keju merupakan salah satu makanan hasil olahan dari fermentasi susu sapi. Di dalam keju tersebut terkandung banyak sekali protein, lemak, omega-3 serta vitamin mineral yang bermanfaat sebagai penunjang perkembangan otak janin. 

Sehingga dengan makan keju merupakan salah satu usaha yang bisa anda lakukan agar bayi yang anda lahirkan nanti cerdas. 

Namun, anda juga harus pandai dalam memilih keju yang sudah dipasteurisasi. Apa itu pasteurisasi? Pasteurisasi adalah proses pembunuhan bakteri pada bahan makanan dengan cara dipanaskan.

Karena jika kejunya tidak diolah dengan baik, justru akan berdampak buruk bagi ibu hamil. Anda bisa mendapatkan keju yang sehat dan aman untuk dikonsumsi di supermarket terdekat. Tentunya yang sudah terdaftar di BPOM ( badan pemeriksa obat dan Makanan)

8.Alpukat

Buah yang satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata buah alpukat dapat menjadi salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Hal itu karena, pada buah alpukat ini terdapat kandungan asam folat alami. Anda juga harus tahu, walaupun di dalam buah alpukat terkandung banyak lemak, anda tidak perlu khawatir karena itu bukan lemak jenuh. 

Selain itu di dalam buah alpukat juga terkandung vitamin E, vitamin K serta vitamin B yang baik untuk perkembangan otak janin. 

Hal inilah yang menjadi penyebab buah alpukat merupakan salah satu makanan yang dapat membantu bayi agar cerdas saat terlahir nanti.

9.Ubi

Siapa sangka selain murah dan mudah didapatkan, ternyata ubi dapat membantu ibu hamil agar bayi yang dilahirkan nanti cerdas. Karena di dalam ubi terdapat vitamin A yang dapat membantu perkembangan sel-sel pada janin. 

Anda dapat mengkonsumsi ubi dengan cara pengolahan direbus, digoreng atau dikukus.


Diatas adalah 9 makanan ibu hamil muda agar anak terlahir cerdas. Makanan makanan diatas tentunya sangat mudah ditemukan bukan? Selain itu harganya juga terjangkau. 

Untuk itu, para ibu hamil dapat memulai usaha agar anak terlahir cerdas dengan memakan makanan diatas. Namun, perlu diingat bahwa juga tidak boleh makan terlalu banyak. Karena makan terlalu banyak pun bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

Sekian, pembahasan materi pada artikel ini. Semoga yang tertulis diatas bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "9 Makanan ibu hamil muda agar anak terlahir cerdas"