Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin berhenti merokok, ini cara ampuhnya

 

Ingin berhenti merokok,ini cara ampuhnya

Apakah anda seorang perokok? jika anda seorang perokok, apa yang menjadi alasan anda untuk merokok?setiap orang mempunyai alasan berbeda-beda.Namun, kebanyakan orang beralasan bahwa dengan merokok mereka dapat merasa rileks.

Hal itu disebabkan karena saat orang merokok dapat melepaskan zat dopamin.

Zat dopamin adalah zat kimia yang terdapat di dalam otak manusia yang dipercaya dapat menimbulkan rasa senang.Hal inilah yang dirasakan seseorang saat merokok.


Dampak merokok


Namun perlu kita ketahui, rasa ini hanya berlangsung sementara.Setelah kita merasakan kesenangan yang sementara itu,kita akan dihampiri banyak sekali akibat dari merokok.

Misalnya dari segi ekonomi. Apabila kita merokok, tentunya kita harus mengeluarkan uang untuk membeli rokok.

Bayangkan saja apabila dalam sehari kita menghabiskan 1 bungkus rokok berarti dalam satu bulan kita bisa menghabiskan 30 bungkus rokok.Apabila satu bungkus rokok seharga Rp.15.000,00 berarti uang yang harus kita keluarkan untuk membeli rokok dalam satu bulan yaitu Rp.450.000,00.Bukankah nominal yang cukup banyak? dan apa yang kita dapat dengan merokok?

Selain dari segi ekonomi,kita juga akan merasakan dampak merokok dari segi kesehatan.Seorang perokok dapat terjangkit berbagai macam penyakit berbahaya,seperti penyakit kanker paru-paru,kanker mulut,jantung koroner,darah tinggi, kanker serviks bagi perokok wanita, impoten dan kerusakan genetik pada sperma bagi perokok laki-laki.

Dengan melihat dampak-dampak yang akan ditimbulkan karena merokok, tentunya membuat kita ingin berhenti merokok.Penjelasan di atas merupakan dasar kita untuk bisa berhenti merokok.


Cara ampuh berhenti merokok

Terkadang seorang perokok kesulitan untuk berhenti merokok.Dikarenakan mereka sudah kecanduan sehingga sulit untuk meninggalkannya.Disini kami akan membagikan cara ampuh untuk berhenti merokok.Dibawah adalah cara-caranya:

1.Cari alasan yang tepat untuk berhenti merokok

Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk berhenti merokok.Misalnya,anda menjadikan keluarga anda sebagai alasan untuk anda berhenti merokok.

2.Berbicara dengan orang-orang terdekat

Bicaralah kepada orang-orang terdekat,bahwa anda ingin berhenti merokok.Dengan demikian,selain dapat memberi motivasi,mereka juga akan mengingatkan kepada anda jika anda lupa.

3.Banyak istirahat dan hindari stres

Untuk berhenti merokok,anda harus menghindari stres.Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan atau menyalurkan hobi anda untuk menghindari stres.Selain itu,anda juga harus beristirahat yang cukup.

4.Hindari alkohol

Jika anda ingin berhenti merokok,maka anda tidak boleh meminum alkohol.Karena jika meminum alkohol,akan mendorong anda untuk merokok.

5.Mengganti rokok dengan permen

Jika biasanya anda merokok,agar dapat berhenti merokok,anda dapat menggantikan merokok dengan permen.

6.Jangan menyerah

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah terus mencoba,jangan menyerah dan selalu berdo'a.

Diatas merupakan ulasan mengenai cara ampuh berhenti merokok.Semoga anda yang ingin berhenti merokok bisa secepatnya berhenti merokok.
Sekian,terima kasih

Posting Komentar untuk "Ingin berhenti merokok, ini cara ampuhnya"