Bagi anda ibu hamil, pernahkah mengalami kesulitan tidur pada malam hari? Jika anda pernah mengalaminya, itu adalah hal yang wajar. 

Cara mudah dan ampuh atasi susah tidur saat hamil tua
Cara mudah dan ampuh atasi susah tidur saat hamil tua
Pada saat memasuki trimester ketiga biasanya ibu hamil akan semakin kesulitan untuk istirahat termasuk untuk tidur dengan nyenyak. 

Hal itu disebabkan karena dampak kehamilan pada ibu hamil. Mulai dari ukuran perut yang kian membesar, peningkatan buang air kecil dimalam hari serta kelelahan.



Penyebab susah tidur saat hamil tua

Tidur pada malam hari adalah cara terbaik untuk memberi tubuh kita waktu beristirahat. Dengan tidur, kita dapat menghilangkan lelah pada tubuh kita setelah melakukan aktivitas seharian. 

Namun, apa jadinya kalau kita kesulitan untuk tidur di malam hari? Sangat menjengkelkan bukan? 

Namun tahukah anda, hal ini banyak terjadi pada mereka ibu-ibu yang sedang hamil, apalagi saat hamil tua. 

Selain merasakan berbagai kesulitan karena perubahan fisik yang terjadi pada saat hamil,mereka juga kesulitan untuk tidur nyenyak. 

Tahukah Anda, apa yang menjadi penyebab ibu hamil susah tidur pada malam hari? Ada banyak penyebab yang mengakibatkan ibu hamil susah tidur pada malam hari. 

Untuk mengetahui penyebabnya apa saja, simak ulasan di bawah:


1.Hormon progesteron

Sebenarnya hormon progesteron ini adalah hormon yang menyebabkan ngantuk. 

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengalami peningkatan hormon progesteron mengakibatkan tidak bisa tidur nyenyak atau terbangun di tengah malam saat tidur. Sehingga tidurpun menjadi susah.


2.Nyeri perut 

Seorang ibu hamil akan mengalami nyeri pada perut. Hal itu disebabkan karena pembesaran organ rahim. Yang awalnya hanya sebesar kepalan tangan akan menjadi berkali-kali lipat lebih besar. 

Dengan pembesaran organ rahim tersebut menyebabkan nyeri pada perut ibu hamil sehingga menyebabkan kesulitan saat tidur.


3.Sering gerah atau kepanasan

Seorang ibu hamil biasanya merasakan gerah ataupun kepanasan, terutama pada saat memasuki trimester kedua atau ketiga. Namun, anda jangan khawatir hal ini normal bagi seorang ibu hamil. 

Hal ini disebabkan karena seorang ibu hamil mengalami peningkatan hormon progesterone. Dimana hormon ini berfungsi untuk menjaga kandungan agar tetap sehat. 

Namun, hormon ini juga memiliki efek samping salah satunya yaitu menyebabkan ibu hamil mudah gerah dan mengeluarkan keringat. Hal ini tentunya membuat ibu hamil sulit untuk tidur.


4.Sesak nafas

Ibu hamil juga terkadang merasakan sesak nafas saat tidur, sehingga menyebabkan kesulitan untuk tidur. 

 Mengapa ibu hamil bisa sesak nafas? Hal ini disebabkan saat hamil proses kerja jantung lebih berat, apalagi pada saat berbaring.

Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil tiba-tiba merasakan sesak nafas, selain itu juga karena otot pernapasan yang tertekan karena rahim yang semakin membesar.


5.Cemas dan stres

Cemas dan stres juga menjadi salah satu penyebab ibu hamil susah tidur. Hal ini biasanya terjadi pada ibu yang baru hamil pertama kali. 

Karena belum pernah hamil sehingga cemas jika salah posisi tidur sehingga menyebabkan sesuatu yang tidak baik pada kandungannya. 

Selain itu, juga bisa terjadi pada saat mendekati persalinan, hal ini juga pasti terjadi bagi setiap ibu hamil. Cemas bahkan stres karena memikirkan persiapan untuk persalinan bayinya nanti.


6.Nyeri punggung

Pada trimester kedua atau trimester ketiga menyebabkan ibu hamil mengalami perubahan fisik pada perutnya. 

Perubahan perut yang semakin membesar menyebabkan pinggang bekerja lebih keras untuk menopang tubuh agar tetap tegak. Proses pinggang bekerja lebih berat, itulah yang menyebabkan nyeri punggung pada ibu hamil. 

Sehingga mengurangi kenyamanan saat tidur, akhirnya tidurpun menjadi susah.


Cara atasi susah tidur saat hamil tua

Setelah mengetahui beberapa penyebab susah tidur di atas, di bawah akan dibagikan beberapa cara mudah dan ampuh agar ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak. Terutama pada trimester ketiga. 

Agar anda dapat mengetahui tips-tipsnya, baca ulasan di bawah dengan seksama.


1.Tidur posisi menyamping ke kiri

Bagi ibu hamil yang kesusahan tidur, agar dapat tidur nyenyak pada malam hari cobalah tidur dengan posisi tubuh menyamping ke kiri. 

Dengan menerapkan posisi turut ini akan memperlancar sirkulasi darah baik yang mengarah ke rahim, ginjal, ataupun jantung.

Selain itu dengan posisi tidur ini dapat membuat anda lebih nyaman. Pembengkakan pada tangan dan kaki pun dapat berkurang. 

Hal itu karena dengan posisi tidur menyamping dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan zat sisa dan cairan dari tubuh.


2.Hindari tidur telentang

Selanjutnya, agar ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak hindarilah tidur terlentang. Apalagi saat perut sudah besar. 

Posisi tidur ini akan menyebabkan ibu hamil tidak nyaman untuk tidur bahkan akan merasakan sesak karena desakan perut yang semakin membesar. 

Selain itu, posisi tidur terlentang akan mengakibatkan peredaran darah ke janin dan tubuh ibu hamil tidak lancar.


3.Gunakan bantal tambahan

Agar tidur anda menjadi lebih nyaman, anda bisa menggunakan bantal tambahan. Ibu hamil biasanya merasakan nyeri pada bagian belakang tubuh, untuk itu menggunakan tambahan bantal saat tidur adalah solusi yang tepat. 

Anda dapat menaruh bantal tersebut di bawah pinggang atau diantara kedua paha saat tidur. Dengan begitu akan menambah kenyamanan Anda saat tidur sehingga tidur anda menjadi lebih nyenyak. 

Saat ini sudah banyak tersedia bantal khusus untuk ibu hamil. Anda dapat membelinya di supermarket terdekat.


4.Hindari makan dan minum terlalu banyak

Ibu yang hamil biasanya ingin memakan atau meminum sesuatu sebelum tidur. Namun, sebaiknya Anda menghindari ini. Karena jika anda makan sebelum tidur, apalagi dengan jumlah berlebihan dapat menyebabkan perut begah. 

Hal itu tentunya sangat mengganggu kenyamanan untuk tidur sehingga Anda susah untuk tidur. 

Begitu pula jika anda terlalu banyak minum akan menyebabkan terlalu sering terbangun dari tidur untuk buang air kecil.


5.Gunakan pakaian yang nyaman

Merasakan kegerahan saat malam hari merupakan hal yang umum dirasakan bagi ibu hamil. Sehingga hal itu dapat menjadi salah satu faktor penyebab susah tidur.

Maka dari itu gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman saat tidur hal ini bertujuan untuk mengurangi kegerahan saat malam hari. Dengan begitu tidurpun semakin nyenyak.


6.Minum madu hangat atau susu hangat

Dengan meminum susu hangat atau madu hangat ternyata juga dapat memudahkan ibu hamil untuk tidur. 

Karena dengan meminum minuman itu,tubuh akan menjadi rileks sehingga kantuk akan datang. Anda pun akan mudah untuk tidur.


7.Atur sirkulasi udara

Yang terakhir harus anda lakukan agar mudah untuk tidur adalah dengan mengatur sirkulasi udara.

Dengan mengatur sirkulasi udara anda tidak akan kekurangan asupan oksigen. Sehingga tidur anda pun nyenyak. 



Diatas adalah beberapa cara mudah dan ampuh atasi susah tidur saat hamil tua. Tentunya sangat mudah dilakukan bukan. 

Dengan dibuatnya artikel ini bertujuan agar ibu hamil dapat mengatasi masalah susah tidur khususnya sewaktu hamil tua.

Apabila anda menyukai artikel ini, anda bisa mengikuti blog kami. Agar anda dapat mengetahui informasi terbaru seputar kesehatan pada blog panduankusehat.blogspot.com 

Semoga bermanfaat bagi kita semua.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama